Polisi: Penculik 12 Bocah di Bogor hingga Jakarta Ngaku Murid Habib Bahar

Polisi: Penculik 12 Bocah di Bogor hingga Jakarta Ngaku Murid Habib Bahar

Abi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel, ditangkap polisi. (Foto: dok. Istimewa)

Bogor - Abi Rizal Afif atau Rizal Afif (28), pelaku penculikan bocah di Bogor dan Jakarta, mengaku sebagai mantan narapidana terorisme. Tak hanya itu, Rizal Afif juga mengaku sebagai murid Bahar bin Smith alias Habib Bahar.

"Nah, itu pengakuan dari tersangka juga demikian (mengaku murid Habib Bahar)," kata Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan saat dimintai konfirmasi, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Ketua Geng Dalang Penculikan Ratusan Siswa di Nigeria Ditembak Mati Musuh

Rizal Afif mengaku kenal Bahar Smith karena sering mengunjungi kediamannya di Kemang, Bogor. Rizal Afif juga mengaku pernah mengawal Habib Bahar bin Smith saat keduanya sama-sama mendekam di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

"Kalau sementara sih ngaku-nya ketemunya sering main ke rumah Bahar Smith di Kemang. Termasuk juga katanya ngawal Bahar Smith ketika ngawal di Lapas Gunung Sindur," ungkap Siswo.

Siswo mengatakan masih akan mendalami keterangan Rizal Afif tersebut. Polisi masih akan memverifikasi pengakuannya itu dengan mengecek ke instansi terkait, termasuk ke Lapas Gunung Sindur.

"Tentunya kita masih berupaya memverifikasi kebenarannya ke sumber-sumber tepercaya," terangnya.

Rizal Afif Mengaku Eks Napiter

Sebelumnya, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan tersangka Rizal Afif mengaku sebagai mantan napiter. Kepada polisi, Rizal Afif mengaku baru keluar dari Lapas Khusus Kelas II-A Gunung Sindur.

Baca juga: Banjir Air Mata, Balita Korban Penculikan Peluk Erat Polwan Usai Ditemukan

"Terhadap yang bersangkutan, kami masih lakukan pendalaman. Karena, berdasarkan pengakuan tersangka, tersangka sudah tiga kali menjalani hukuman pidana. Dua kali (di antaranya) menjalani pidana kasus terorisme," kata Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Jl Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (12/5).

Selain dua kasus pidana terorisme, tersangka Rizal Afif pernah terlibat kasus pidana penipuan di Depok, Jawa Barat. Imam menyebutkan tersangka Rizal Afif juga mengaku pernah mengikuti pelatihan perang di Poso.

"Yang bersangkutan juga pernah mengikuti pelatihan di Poso selama 7 bulan. Kami akan bekerja sama dengan Densus 88 untuk melakukan pendalaman dan pengembangan terhadap kasus ini," kata Imam.

(fox)