Dubes RI untuk Ukraina Meninggal Dunia

Dubes RI untuk Ukraina Meninggal Dunia

Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra meninggal dunia (Foto: dok. Istimewa)

Jakarta - Kabar duka datang dari KBRI Ukraina di Kiev. Duta Besar (Dubes) RI untuk Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra, meninggal dunia.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun wafat Dubes RI untuk Ukraina HE Ghafur Akbar Dharmaputra, pukul 21.50 WIB di Jakarta. Keluarga Besar KBRI Nur-Sultan @nursultan_kbri sangat berdukacita," ujar Dubes RI Kazakstan-Tajikistan Fadjroel Rachman di akun Twitternya seperti dilihat, Jumat (13/5/2022).

Juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah mengkonfirmasi kabar duka itu. Faizasyah menyampaikan Kemlu berduka atas meninggalnya Ghafur.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Menteri Luar Negeri, Wakil Menteri Luar Negeri beserta seluruh jajaran di Kementerian Luar Negeri RI berdukacita yang mendalam atas meninggalnya Duta Besar Ghafur Akbar Dharmaputra," kata Faizasyah saat dimintai konfirmasi terpisah.

Faizasyah mengatakan Ghafur adalah diplomat senior Indonesia yang telah mendedikasikan kerja dan karyanya untuk negara dan bangsa. Sewaktu menjabat Duta Besar RI di Ukraina, Ghafur dinilai berjasa dalam membantu evakuasi WNI dan menjaga kepentingan RI selama masa yang sangat sulit di Ukraina.

Ghafur, lanjut Faizasyah, menjalankan tugas-tugasnya sebagai Duta Besar secara paripurna hingga saat-saat terakhir.

"Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan di masa yang sulit ini." kata Faizasyah.

Kabar duka ini juga dikabarkan oleh KBRI Kiev di Ukraina dalam akun Instagramnya. Jenazah Ghafur Akbar saat ini berada di rumah duka di Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Innalillahi wa inna ilaihi rooji'uun. Telah berpulang ke Rahmatulloh, Bapak Ghafur Akbar Dharmaputra, Duta Besar LBBP RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia pada Kamis Malam, 12 Mei 2022 Di RS Medistra Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Semoga Almarhum Husnul Khotimah, diterima semua amal ibadahnya, dan diampuni semua dosanya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," demikian tulis Instagram @indonesiainkyiv.

"Jenazah disemayamkan di Rumah Emir Firdaus, Perumahan Admiralty Kaveling B16, Jalan Fatmawati Raya No 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Jenazah akan disalatkan setelah salat Jumat," lanjut informasi tersebut.

Keluarga besar KBRI Kiev menyampaikan duka mendalam atas kepergian Ghafur. Ghafur dinilai sosok pemimpin yang baik, amanah, dan penuh tanggung jawab.

(fox)