Reuni

Reuni

Ilustrasi.

Oleh: Robby Patria

Membayangkan kebahagiaan di masa abu-abu tentu saja menjadi hal yang menarik. Mengingat masa masa remaja saat berjumpa dengan kawan kawan ketika di usia puberitas. "Belajar dari masa lalu, hidup untuk hari ini, berharap untuk hari esok." kata ilmuan Albert Einstein.

Kini empat sekolah di Tanjungpinang melaksanakan reuni di Tanjungpinang. Mulai dari SMAN 1, SMAN 2, SMEA dan PGRI Tanjungpinang. 

Untuk lulusan PGRI terkenal banyak menghasilkan guru-guru di Kepulauan Riau. Ada juga yang tak jadi guru memilih menjadi birokrat dan pengusaha dan profesi lainnya.

Bukan tak mungkin, banyak dari kita yang mendapatkan jodoh berasal dari teman saat SMA. Atau bahkan mereka mengenal cinta pertama di bangku SMA. Kita bisa dengar banyak lagu lagu diciptakan untuk mengenang masa indah di SMA.

Tentu saja manfaat reuni bagi warga Tanjunginang sangat terasa. Terutama penjualan kaos oblong di Tanjungpinang banyak mendapatkan manfaat dari pemesanan kaos angkatan. Di SMA1 misalnya ada 66 angkatan. SMAN 2 ada 43 angkatan. Tentu saja SMEA dan PGRI juga memesan kaos untuk seragam reuni.

Belum lagi order makanan, minuman, dan perlengkapan lainnya yang harus disiapkan untuk menyukseskan acara pada tanggal 14 Mei dan 15 Mei 2022.

Namun dari empat reuni ini, rasa kompetisi SMAN memang kental antara alumni SMAN 1 dan SMAN 2 Tanjungpinang. Walaupun SMAN 1 sudah menghasilkan reuni ke 66 tahun, namun Gubernur Kepri berada di tangan alumni SMAN 2 yakni Ansar Ahmad. Lulusan SMAN 2 tahun 1984.

Yang tambah menarik ketika alumni SMAN 1 Tanjunginang yang juga Wali Kota Batam  Muhammad Rudi akan mengikuti kontestasi pilkada 2024 mendatang. Maka akan terjadi duel yang menarik bagi semua pihak. Apakah itu alumni SMAN 2 atau SMAN 1 Tanjungpinang. 

Jika melihat jumlah lulusan, maka alumni SMAN 1 jauh lebih banyak karena terjadi perbedaan 23 tahun lulusan SMAN 2. Secara jam terbang, jebolan SMAN 1 Tanjungpinang banyak menduduki posisi penting di tengah masyarakat. 

Tak ketinggalan, alumni SMAN 2 juga tak kalah hebat. Banyak posisi penting di Kepulauan Riau dan Pemda di seluruh Kepri berasal dari jebolan SMAN 2.

Yang menjadi daya tarik reuni ini adalah ketika dua alumni SMAN 1 dan SMAN 2 akan saling merebut kekuasaan di tahun politik. Maka tak salah, suasana reuni akan kental dengan nuansa politik untuk mencari dukungan di pusat pemerintahan Tanjungpinang.

Apakah alumni SMAN 1 akan mendukung calon gubernur dari SMAN 1? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak.  Begitu juga dengan alumni SMAN 2, belum tentu mendukung alumni SMAN 2 yang akan berkompetisi di 2024.

Akan tetapi, keberhasilan mengumpulkan massa SMA di Tanjungpinang dalam jumlah yang banyak akan memberikan impact positif kepada pemilih di Kepulauan Riau.

Bagaimanapun, mereka yang hadir di acara reuni akan mendapat informasi bahwa Walikota Batam Muhammad Rudi adalah alumni SMAN 1 Dan Ansar Ahmad adalah alumni SMAN 2.

Reuni tahun 2022, tak salah disebut sebagai reuni  politik yang sangat terbuka. Karena selain dari mengingat masa puluhan tahun lalu saat menggunakan baju seragam abu-abu, maka sarana penting untuk mengikat rasa persaudaraan sesama alumni SMAN  di Tanjungpinang.

Dengan perjumpaan di saat reuni, diharapkan dapat membangun rasa kekompakan, rasa persaudaraan, persahabatan yang sudah lama tertinggal. Karena tak semua bisa berjumpa setelah lulus SMA. 

Mereka memilih jalan masing masing. Ada yang pindah ke luar Tanjungpinang, dan menyebar di seluruh Nusantara. Reuni inilah ajang untuk memupuk persaudaraan kembali. Mengingat masa sekolah dan guru guru yang sudah memberikan pengetahuan saat di kelas dan luar kelas.

Walaupun kental nuansa politik antara SMAN 2 dan SMAN 1, reuni tetaplah reuni. Jangan terlalu terbawa perasaan. Mereka yang sudah dewasa dalam menentukan sikap politik tentu memilih pemimpin yang sanggup membawa kemajuan di Provinsi Kepulauan Riau.

Apakah itu alumni SMAN 1 atau SMAN 2, maka pilihan sudah ada atau bahkan menunggu ketika detik detik di TPS nanti. 

Selamat bertatap muka di masa pandeki yang mulai nihil kasus cobid. Ingatlah masa lalu guna menghadapi masa depan yang cemerlang. SMAN 1 dan SMAN 2 dua sekolah yang rutin memproduksi politisi dan birokrat serta pengusaha. 
 
Apakah alumni SMAN 1 atau alumni SMAN 2 yang menang di Pilkada 2024, itu urusan dua tahun lagi. Simak saja jejak rekam keduanya saat ini untuk menentukan sikap politik di tahun 2024.

Reuni tetaplah sarana silaturahmi sesama alumni. Karena manfaat silaturahmi bisa menambah umur dan menambah rezeki. Tentu saja menambah teman baru atau teman lama yang sekian lama tak berjumpa.

Penulis adalah alumni SMA Negeri 2 Tanjungpinang.


Berita Terkait