Tanjak Raksasa Semarakkan Ramadhan dan Idul Fitri Kampung Melayu Sei Panas

Tanjak Raksasa Semarakkan Ramadhan dan Idul Fitri Kampung Melayu Sei Panas

Gapura Tanjak raksasa menyemarakkan ramadan dan lebaran di Kampung Melayu, Seipanas. (Foto: Arjuna/Batamnews)

Batam - Gapura hias Tanjak khas Melayu semakin menyemarakan suasana Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri 2022 di Kampung Melayu Bukit Jodoh, Seipanas, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Gapura ini sudah menjadi agenda tahunan dan di kampung tersebut sejak dua tahun terakhir saat momen ramadan dan lebaran.

Baca juga: BP Batam Perpanjang Masa Rekrutmen Imam-Muadzin Masjid Tanjak Hang Nadim

"Tahun ini, Tanjak khas Melayu sengaja dipilih untuk memeriahkan momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri di Kampung Melayu Seipanas," kata Pembina Pemuda Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas yang juga inisiator kegiatan, Muhammad Amin, Selasa (27/4/2022).

Tanjak adalah salah satu bagian yang tak bisa ditinggalkan di saat seseorang memakai pakaian tradisional Melayu Kepri. Bahkan saat ini, pada setiap kegiatan tanjak sudah menjadi ikon dan menjadi souvernir yang diberikan kepada tetamu kehormatan disuatu acara.

"Kebetulan kami tinggal di Bumi Melayu, jadi sudah sejatinya kami wajib menjaga dan memperkenalkan budaya tradisional Melayu ini," ujarnya.

Ketua Masjid Jami An-Nikmah, Samsul Bahri mengatakan, gapura hias ini merupakan inisiasi dari Pemuda Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas untuk memeriahkan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri 1443 H/2022.

Baca juga: BP Batam Perpanjang Masa Rekrutmen Imam-Muadzin Masjid Tanjak Hang Nadim

"Ini merupakan kegiatan positif dari pemuda di kampung kami dalam mengisi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri," katanya.

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh perangkat RW dan RT, masyarakat dan juga pengurus serta jamaah Masjid Jami An-Nikmah.

"Gapura hias ini sudah menjadi agenda tahunan di momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, dan insya Allah menjadi 'ikon' di Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas," ujar Samsul.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews