Susul Singapura, Malaysia Bersiap `Bye-bye` Corona

Susul Singapura, Malaysia Bersiap `Bye-bye` Corona

Malaysia bersiap susul Singapura (Foto: AP/Vincent Thian)

Kuala Lumpur, Batamnews - Setelah Singapura, kini giliran Negeri Jiran Malaysia yang bakal melanjutkan pelonggaran aturan penanganan Covid-19 dan bakal diumumkan hari ini, Rabu (27/4/2022).

"Kementerian Kesehatan telah membahas masalah ini secara menyeluruh dan kami akan mengajukannya di depan Kabinet Rabu ini," ujar Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin, dikutip dari The Straits Times, Selasa (26/4/2022).

"Kami akan umumkan jika disetujui," jelas Khairy lebih lanjut.

Khairy menegaskan, pihak Kementerian sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan terkait pelonggaran prosedur operasi standar (SOP) Covid-19. Tak lain, untuk memastikan kemanan sebelum keputusan apa pun dibuat. Terlebih mengingat, hingga kini kasus Covid-19 di Malaysia terpantau menurun.

Baca juga: Jangan Iri! Singapura 'Bye-bye' Corona, Ini Aturan yang Dilonggarkan

"Kami tidak ingin mengambil langkah yang salah karena kami telah mengelola pandemi dengan baik. Jumlah infeksi menurun dan tekanan pada rumah sakit berkurang," beber Khairy.

"Kami tidak mau salah langkah dalam pelonggaran SOP apapun agar aman dan hati-hati dilakukan," sambungnya.

Mengingat, Malaysia telah memberlangsungkan tahap transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi mulai 1 April 2022. Seiring itu, Khairy mengatakan hingga kini sudah terdapat 1.939 orang menerima dosis vaksin Covid-19 booster kedua.

"Masyarakat yang menerima (vaksin Covid-19) dosis keempat, sebagian besar datang ke pusat pemberian vaksin. Termasuk para orang tua dengan penyakit penyerta," pungkasnya.

(ruz)