Rusia Setop Pasokan Gas Alam ke Polandia dan Bulgaria, Ini Penyebabnya

Rusia Setop Pasokan Gas Alam ke Polandia dan Bulgaria, Ini Penyebabnya

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Warsawa - Rusia akan memotong pasokan gas alam ke dua negara Eropa yakni Polandia dan Bulgaria mulai hari ini, Rabu (27/4/2022).

Perusahaan minyak dan gas Polandia PGNiG mengumumkan pada hari Selasa bahwa perusahaan energi Rusia Gazprom akan menangguhkan pasokan gas ke negara itu mulai Rabu sore.

"PGNiG menerima surat dari Gazprom yang mengumumkan penghentian pasokan berdasarkan kontrak Yamal," kata PGNiG dalam sebuah pernyataan dilansir Bernama.

PGNiG juga menginformasikan bahwa pasokan gas ke Polandia dijamin karena memiliki koneksi pipa dengan negara tetangga dan terminal gas alam cair (LNG) di barat laut negara itu.

Alasan yang diberikan oleh Gazprom untuk penangguhan adalah karena penolakan PGNiG untuk membayar dalam rubel, Xinhua melaporkan mengutip Kantor Pers Polandia.

Rusia, pada saat yang sama memasok hampir semua kebutuhan gas Bulgaria, juga akan menangguhkan pasokan ke negara Balkan pada Rabu, menurut Kementerian Energi Bulgaria pada Selasa sore.

Pihak berwenang Bulgaria mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menemukan alternatif untuk pasokan gas alam.

Saat ini, tidak ada batasan konsumsi gas di Bulgaria.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengkonfirmasi menerima pemberitahuan dari Gazprom untuk menangguhkan pasokan gas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews