Tim Kementan RI Ingin Berikan Efek Pantau Sembako di Pasar Bestari Tanjungpinang

Tim Kementan RI Ingin Berikan Efek Pantau Sembako di Pasar Bestari Tanjungpinang

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian, Bustanul Arifin Caya menanyakan ketersediaan dan harga bahan pokok kepada pedagang di Pasar Bestari Bintan Centre.. (Foto: Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Tim dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI melakukan pantauan ketersediaan sembako di Pasar Bestari Bintan Center, Kota Tanjungpinang, Minggu (24/4/2022).

Tim ini langsung dipimpin Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian, Bustanul Arifin.

Bustanul selaku Penanggung Jawab Ketersediaan Pangan Provinsi Kepri mengatakan, monitoring yang dilakukan Kementan bersama Dinas Pertanian di daerah ini juga memberikan efek psikologis kepada masyarakat.

Baca juga: DC Mall Batam Bagikan Sembako untuk Panti Asuhan

"Ini memberikan efek psikologis kepada masyarakat bahwa negara hadir untuk mengawal ketersediaan bahan pokok. Kalau terjadi sesuatu maka kita akan tindak lanjuti dengan berkoordinasi. Jika ada kekurangan di suatu tempat maka kita akan datangkan dari tempat lain. Kita akan lakukan pendampingan untuk distribusi," kata Bustanul.

Dari monitoring itu, mereka mengatakan ketersediaan bahan pokok di Tanjungpinang sangat mencukupi.

"Alhamdulillah di Tanjungpinang aman. Jadi tidak perlu pengaturan-pengaturan yang tepat antar kabupaten," ujar Bustanul.

Kegiatan monitoring bahan pokok tersebut dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia. Monitoring dilaksanakan sejak tanggal 11 maret 2022 hingga dua minggu setelah Idul Fitri. 

Di tempat yang sama, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri, Rika Azmi memprediksi jika bahan pokok di Kepri mencukupi di momen lebaran nanti.

"Prediksi stok bahan pokok kita aman di seluruh Kepri," ungkapnya.

Rika menyebutkan bahan pokok untuk memnuhi kebutuhan masyarakat Kepri umumnya didatangkan dari daerah lain. 

Baca juga: Among Mitro Berbagi Sembako dan Santuni Anak Yatim di Karimun

"Kebutuhan Kepri banyak dari luar. Kita juga kerjasama juga dengan Dinas Perhubungan (untuk distribusi)," kata Rika.

Selain ketersediaan yang cukup, untuk harga bahan pokok di Kepri juga masih relatif stabil.

Sebanyak 12 bahan pokok yang menjadi sasaran pemantauan adalah beras premium, beras medium, kacang kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, minyak goreng kemasan, minyak goreng curah dan tepung terigu.

(cr1)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews