Akses Penumpang di Pelabuhan Kandis Karimun Membahayakan, Tangga Pengaman Hanya Satu Sisi

Akses Penumpang di Pelabuhan Kandis Karimun Membahayakan, Tangga Pengaman Hanya Satu Sisi

Kondisi tangga di dermaga Pelabuhan Kandis Karimun yang hanya memiliki pagar pengaman di satu sisi tangga saja. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - Akses penumpang di Pelabuhan Kandis, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, membahayakan warga.

Tangga yang menjadi jalur naik turun penumpang di pelabuhan hanya memiliki pagar pengaman di satu sisi. 

Menurut warga Buru bernama Pendi, masyarakat setempat berinisiatif untuk memasang tiang penyangga menggunakan pohon nibung.

Namun, karena waktu yang cukup lama dan tergerus oleh gelombang, 9 tiang batang nibung itu akhirnya patah.

Menurutnya, warga sudah melaporkan hal ini ke Dinas Perhubungan namun tak ada respons.

"Kita sudah sampaikan ke pihak-pihak terkait, tapi sampai saat ini tidak ada respon dan tindak lanjutnya," kata dia kepada Batamnews.

Kekhawatiran yang dapat mengancam keselamatan warga tersebut, sudah berlangsung sekitar 8 bulan belakangan ini.

"Dari awal, tiangnya memang tidak ada. Jadi warga berinisiatif membuat tiang itu. Tapi, kondisi saat ini kembali tidak memungkinkan, dan laporan dari keluhan warga sampai kini tidak ada respon," ucapnya.

Disebutkan juga bahwa, dengan kondisi pelabuhan tersebut, kapal-kapal penumpang juga merasa takut untuk bersandar terutama jika kondisi gelombang laut kuat.

"Jangan setelah ada kejadian, ada korban, baru semuanya sibuk. Apalagi, pelabuhan akan banyak dilalui pada saat lebaran nanti," ujarnya lagi.

(aha)
Komentar Via Facebook :