5 Fungsi Zakat, Membersihkan Harta hingga Wujud Keimanan

5 Fungsi Zakat, Membersihkan Harta hingga Wujud Keimanan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Batam, Batamnews - Zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam. Zakat diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) menurut ketentuan yang telah ditetapkan.

Menunaikan zakat merupakan hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Zakat masuk ke dalam rukun Islam ketiga. Sebagai bagian dari rukun Islam, zakat memiliki peran yang penting bagi penegakan rukun Islam, karena rukun adalah penyangga penting bangunan Islam.

Zakat memiliki manfaat, fungsi, dan jenis yang wajib untuk dipahami. Untuk fungsinya, zakat dapat membersihkan harta hingga menumbuhkan rasa kemanusiaan.

Baca juga: Tes PCR Saat Ramadan Bikin Batal Puasa? Ini Penjelasannya

Dilansir Batamnews dari IDN Times, berikut beberapa fungsinya menunaikan zakat.

1. Membersihkan harta

Membersihkan harta dari syubhat atau ketidakjelasan. Misalnya harta yang tidak bisa diketahui halal haramnya secara jelas. Itu adalah hal yang sangat mungkin terjadi saat memperolehnya. Zakat menjadikan bersihnya harta bagi si pemberi zakat (muzaki). 

2. Menumbuhkan harta

Tidak hanya membersihkan harta, menunaikan zakat juga dapat menumbuhkan harta. Hal ini terbukti dari para pebisnis yang aktif berzakat, usahanya mengalami kemudahan sehingga asetnya juga terus bertambah.

3. Wujud keimanan

Tentu, menunaikan zakat menjadi wujud keimanan dan syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Tidak hanya itu, zakat juga menjadi sarana menumbuhkan akhlak baik dengan rasa kemanusiaan tinggi untuk menghilangkan sifat rakus dan materialistis.

Baca juga: Safari 'Politik' Ramadan, Menebar Citra di Tengah Kerumunan Umat

4. Sumber dana bagi pembangunan prasarana umat Islam

Zakat juga berfungsi sebagai sumber dana bagi pembangunan prasarana umat Islam seperti rumah ibadah, pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi, dan sarana pengembangan sumber daya umat muslim. Hal ini turut membangun kesejahteraan umat lewat pembagian zakat yang baik.

5. Sarana pensucian hati

Selain sebagai wujud keimanan dan pembersihan harta, zakat pun bisa menyucikan hati dari penyakit seperti penyakit kikir dan bakhil.

Zakat juga menjadi pembersih sifat-sifat yang sekiranya kurang baik, seperti kemunafikan atau ketamakan. Dengan zakat, seseorang diharapkan bisa memiliki sifat memberi, dermawan, dan solidaritas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews