Catat, Ini Waktu-waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Puasa

Catat, Ini Waktu-waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Puasa

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Tetap aktif dan berolahraga dianjurkan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Hal ini untuk menghindari malas-malasan dan tetap fit.

Hal itu diungkapkan langsung Ahli gizi klinis Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Fiastuti Witjaksono.

"Karena tidak makan dan minum di siang hari bukan berarti Anda hanya duduk atau tidur saja, harus aktif bergerak. Ini (tetap aktif) juga untuk menjaga kebugaran tubuh," kata Fiastuti dalam webinar yang digelar Anlene, beberapa waktu lalu.

Menurut Fiastuti, Anda bisa berolahraga di sore hari jelang waktu berbuka puasa. Olahraga yang diambil pun tidak usah terlalu berat, bisa dengan senam santai, joging, atau bahkan jalan santai.

Baca juga: Tips Menjaga Imun Tubuh Agar Tetap Kuat saat Puasa Ramadan

"Minimal tiga kali seminggu melakukan olahraga sebelum berbuka, misal jam 5 sore bisa, tidak usah setiap hari," kata dia. Cukup lakukan olahraga selama 20-30 menit dalam sehari.

Selain di sore hari, Anda juga bisa mempertimbangkan olahraga di malam hari. Mengutip The National News, waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa lainnya adalah setelah berbuka puasa.

Meskipun olahraga kardio bisa sulit dilakukan dengan perut kenyang, Anda bisa menunggu sekitar 60 menit setelah berbuka puasa untuk berolahraga ringan.

Namun, selain mempertimbangkan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, perhatikan pula jenis aktivitas fisik yang diambil.

Mengutip Women's Health Magazine, alih-alih kardio, lebih baik memilih latihan kekuatan saat berpuasa. Olahraga ini bisa dilakukan sebelum atau sesudah berbuka puasa, dengan tetap memerhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi saat berbuka.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews