Ngabuburit Jadi Lebih Berfaedah dengan 4 Aktivitas Ini

Ngabuburit Jadi Lebih Berfaedah dengan 4 Aktivitas Ini

Foto: Shutterstock

Batam - Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh umat muslim di dunia. Di momen bulan suci ini, banyak kegiatan yang dilakukan hanya pada saat bulan Ramadan tiba, salah satu yang khas adalah ngabuburit.

Ngabuburit adalah kegiatan menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Banyak kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa menjadi lebih menyenangkan. Aktivitas tersebut biasanya diisi dengan berbagai hal seperti ikut kultum masjid, jalan-jalan, beli takjil, main game, dan lainnya.

Agar ngabuburit kamu makin berfaedah, berikut adalah 4 aktivitas seru yang cocok dilakukan ketika menunggu waktu berbuka puasa.

1. Ibadah

Ramadan menjadi momentum bagi umat muslim untuk memperbanyak ibadah amalan baik karena rahmat yang diberikan berlipat ganda. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan saat ngabuburit adalah membaca Al-Quran.

Kamu bisa mencapai target untuk khatam Quran di bulan Ramadan dengan tadarus bersama keluarga, tetangga, teman, dan kerabat lainnya. Kamu juga bisa mengikuti kajian agama saat ngabuburit. Tidak hanya di majelis taklim, kajian agama dapat diikuti melalui televisi, radio, bahkan ponsel lho!

2. Belajar Bahasa Asing dari Film

Agar waktu tidak terasa lama, kamu bisa mencari hiburan dengan menonton film favoritmu. Selain untuk hiburan, kamu dapat meningkatkan keterampilan dengan menonton film berbahasa asing saat ngabuburit.

Apalagi, arus globalisasi tengah meningkatkan kebutuhan belajar bahasa asing seperti Bahasa Inggris yang digunakan untuk berkomunikasi lintas negara. Menonton film berbahasa asing dapat menjadi strategi yang efektif untuk belajar bahasa baru.

Ada banyak film dan series asal luar negeri yang dapat kamu tonton baik secara gratis atau dengan menggunakan layanan streaming film. Sangat disarankan untuk menonton film religi untuk mengisi waktu ngabuburit.

3. Olahraga

Perubahan pola tidur dan kurangnya hidrasi di bulan Ramadan dapat membuatmu sulit menjaga rutinitas olahraga. Namun begitu, berolahraga di bulan puasa bisa membantu menjaga stamina, membuat pikiran tetap jernih, dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap stabil.

Bulan suci Ramadan menjadi momen yang tepat untuk me-recharge agar kamu bisa kembali berolahraga dengan stamina yang kuat setelah sebulan berpuasa.

Tiga olahraga dasar yang dapat kamu lakukan di bulan puasa, antara lain, latihan kekuatan, kardio, dan fleksibilitas. Kamu bisa berolahraga 90 menit sebelum matahari terbenam di mana suhu sudah lebih sejuk dan sudah mendekati waktu berbuka. Kedua, kamu bisa berolahraga satu jam setelah makan malam.

Ketiga, terutama bagi kamu yang sempat beristirahat di siang hari, bisa berolahraga di antara pukul 23.00 sampai 02.00. Keempat, kamu bisa berolahraga sebelum atau sesudah sahur yang disarankan antara pukul 03.00 sampai 04.00 pagi.

4. Program Keagamaan

Agar ibadah puasamu semakin maksimal, kamu dapat menambah ilmu dan pahala dengan menyaksikan acara-acara khas Ramadan saat ngabuburit, seperti menonton program tausiyah, dakwah, atau talk show khusus Ramadan.
 

(fox)
Komentar Via Facebook :