Makin Panas, Rusia Usir Sejumlah Diplomat AS

Makin Panas, Rusia Usir Sejumlah Diplomat AS

Ilustrasi. (Foto: istockphoto)

Moskow - Rusia mengusir diplomat AS sebagai tanggapan atas langkah Washington untuk memindahkan 12 perwakilan Moskow ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berbasis di New York.

"Pada 23 Maret, sebuah catatan dengan daftar diplomat Amerika yang dinyatakan sebagai 'persona non grata' diserahkan kepada kepala misi diplomatik Amerika yang dipanggil ke kementerian luar negeri," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters, Kamis (24/3/2022).

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengkonfirmasi menerima daftar itu dari Moskow.

“Ini adalah langkah terbaru Rusia yang tidak membantu dan tidak produktif dalam hubungan bilateral kami. Kami menyerukan kepada pemerintah Rusia untuk mengakhiri pemecatan diplomat dan staf AS yang tidak semestinya.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, penting bagi negara kita untuk memiliki staf diplomatik yang diperlukan untuk memfasilitasi komunikasi antara pemerintah kita,” kata pejabat itu.

AS mengusir 12 anggota misi diplomatik Rusia ke PBB pada awal Maret di tengah krisis terbuka dengan Rusia atas Ukraina atas tuduhan spionase.

"AS telah memberi tahu misi Rusia bahwa kami sedang memulai proses pengusiran 12 anggota operasi intelijen dari misi Rusia yang menyalahgunakan hak istimewa mereka untuk tinggal di AS dengan terlibat dalam kegiatan spionase yang membahayakan keamanan nasional kami," kata juru bicara misi AS Olivia Dalton dalam sebuah pernyataan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews