Kedatangan Wisman, Pelabuhan Internasional Batam Centre Tunggu Surat Resmi

Kedatangan Wisman, Pelabuhan Internasional Batam Centre Tunggu Surat Resmi

Pelabuhan Internasional Batam Centre. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam, Batamnews - Pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre belum mendapat surat resmi terkait kebijakan seluruh pelabuhan internasional di Batam dibuka. 

Sebelumnya Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyebut seluruh pelabuhan Internasional di Batam sudah diizinkan dibuka. 

Baca juga: Menhub Telpon Gubernur Ansar Buka Pintu Masuk Wisman di Kepri

“Belum ada, belum mendapat surat resminya,” ujar Manager Operasional PT Synergy Tharada, Pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga, Selasa (22/3/2022). 

Walaupun begitu, Nika mengaku bahwa selama ini Pelabuhan Internasional Batam Centre selalu beroperasi, dengan melayani kedatangan para pekerja migran indonesia (PMI).  “Belum ada wisatawan yang masuk, masih hanya PMI saja,” katanya. 

Nika menyebutkan saat ini Pemerintah Singapura ataupun Malaysia belum mengizinkan warga negaranya berpergian ke luar negeri. 

"Buktinya sejauh ini belum ada wisman yang masuk. Dari Singapuranya mungkin belum mengizinkan. Kebijakan itu kan bukan hanya di kita saja, melainkan antar negara. Kalau Pelabuhan domestik mungkinlah," jelasnya.

Namun, Ia menegaskan Pelabuhan Internasional Batam Centre sudah siap menyambut wisatawan mancanegara (wisman). Seperti dengan melengkapi fasilitas pelabuhan, CIQP, dan pelayanannya.

Baca juga: Menhub Izinkan Seluruh Pelabuhan Internasional di Batam Dibuka

"Selama pandemi saja, kita masih bekerja walau tak ada kunjungan. Nah bagaimana kalau sudah ada kunjungan? Kita pasti siap dong," kata dia. 

Sebelumnya diberitakan, seluruh pelabuhan internasional yang ada di Kota Batam sudah diizinkan untuk dibuka sebagai pintu masuk (entry point) kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). 

Selama ini, hanya Pelabuhan Feri Internasional Nongsa Pura yang dijadikan entry point kedatangan PPLN. 

 

“Tadi kata pak Dandim sudah ada surat dari Menteri Perhubungan, seluruh pelabuhan internasional sudah diizinkan untuk dibuka,” ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Sekupang, Jumat (18/3/2022). 

Ia mengatakan pada Senin (21/3/2022), pihaknya akan rapat bersama dengan pihak pelabuhan dan operator kapal untuk persiapan membuka pelabuhan internasional. 

“Perlu dipersiapkan kembali, karena sudah lama pelabuhan tutup, paling tidak seperti pelabuhan Nongsa, tempat untuk PCR harus ada,” katanya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews