Gubernur Minta Pelabuhan Internasional di Kepri Bersiap Sambut Wisman

Gubernur Minta Pelabuhan Internasional di Kepri Bersiap Sambut Wisman

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad pimpin Rapat Koordinasi Pembukaan Pintu Masuk Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Kepri di Gedung Graha Kepri Batam. (Foto: Istimewa)

Tanjungpinang, Batamnews - Sejumlah pintu masuk bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) atau wisatawan mancanegara (Wisman) yang akan berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah dibuka.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meminta semua pengelola pelabuhan menyiapkan fasilitas penyambutan wisatawan tersebut.

"Semua pengelola pelabuhan mesti menyiapkan semua fasilitas penyambutan wisman", kata Ansar saat memimpin Rapat Koordinasi Pembukaan Pintu Masuk Kunjungan Wisman ke Kepri di Gedung Graha Kepri Batam, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Jokowi Jadikan Vaksin Booster Syarat Mudik Lebaran 2022

Dikatakan Ansar, fasilitas penyambutan tersebut mulai dari ketersediaan tempat dan petugas yang akan melakukan test PCR, petugas penerima pembayaran Visa on Arrival, tempat isolasi, hingga rumah sakit rujukan bila diperlukan suatu tindakan medis lebih jauh.

"Dengan kata lain, semua fasilitas tersebut harus telah disiapkan pengelola pelabuhan, begitu mereka akan membuka pelayaran untuk para wisman" ujar Ansar.

Nantinya, pihak terkait seperti Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pelindo, Imigrasi dan Bea Cukai bisa membantu dan memfasilitasi para pengelola pelabuhan menyiapkan fasilitas kedatangan wisman tersebut.

Baca juga: Jokowi Ingin Karantina PPLN di Seluruh Indonesia Dihapus

Ditambahkan Ansar, setidaknya fasiltas penyambutan wisman di delapan titik pintu masuk pelabuhan yang telah ditunjuk pemerintah seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Imigrasi, sama dengan yang telah diterapkan di Pelabuhan Nongsa Sensation Batam dan Pelabuhan Bandar Bentan Telani Lagoi, Bintan.

Kedelapan pelabuhan tersebut yakni Pelabuhan Nongsa Terminal Bahari, Pelabuhan Internasional Batam Centre, Pelabuhan Internasional Sekupang, Pelabuhan Citra Tri Tunas, Pelabuhan Marina Teluk Senimba. Juga Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Pelabuhan Bandar Seri Udana Lobam, dan Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura, Tanjungpinang.

Menurut Ansar, Pemprov Kepri juga terus meminta pemerintah pusat untuk menambah pelabuhan lain yang ada di Kepri, sebagai pintu masuk kedatangan wisman terutama yang ada di Kabupaten Karimun dan juga Anambas.

(cr1)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews