Biden Kirim Peringatan Jika Putin Pakai Senjata Kimia-Boilogi di Ukraina

Biden Kirim Peringatan Jika Putin Pakai Senjata Kimia-Boilogi di Ukraina

Presiden AS Joe Biden. (Foto: Axios)

Washington - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, memperingatkan reaksi Barat yang keras jika Rusia memilih menggunakan senjata kimia dan biologi di Ukraina.

“Dia mengabaikan itu semua. Tuduhan Presiden Rusia Vladimir Putin terhadap AS memiliki senjata kimia dan biologi di Eropa tidak benar.

“Saya jamin itu tidak ada, bahkan mereka menyarankan Ukraina memiliki senjata biologi dan kimia di Ukraina.

"Ini jelas merupakan tanda bahwa Rusia sedang mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya," katanya, dilansir AFP, Selasa (22/3/2022).

Peringatan itu menggemakan pernyataan yang dibuat oleh pemerintahannya awal bulan ini serta negara-negara Barat lainnya, setelah para pejabat Rusia menuduh Ukraina berusaha menyembunyikan program senjata kimia yang diduga didukung AS.

“Sekarang Rusia telah membuat tuduhan palsu, kita semua harus waspada terhadap kemungkinan Rusia menggunakan senjata kimia atau biologi di Ukraina.

"Mungkin juga akan menggunakan operasi rahasia atau penyamaran untuk melakukannya," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki.

Biden juga menegaskan kembali bahwa tindakan seperti itu akan memicu respons 'parah' tetapi sejauh ini tidak dapat ditentukan dari sekutu Barat.

"Putin tahu akan ada konsekuensi yang mengerikan karena front NATO bersatu," katanya tanpa merinci tindakan yang akan diambil koalisi. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews