Isu Harga Tiket Pesawat Naik usai Pemberlakuan Bebas PCR, Begini Penjelasan Maskapai

Isu Harga Tiket Pesawat Naik usai Pemberlakuan Bebas PCR, Begini Penjelasan Maskapai

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Penghapusan aturan wajib tes PCR untuk keberangkatan meliputi via laut, darat dan udara membuat lonjakan penumpang terjadi. Hal ini dibarengi dengan kabar harga tiket ikut merangkak naik.

Dari postingan Instagram @batamnewsonline perihal berita lonjakan penumpang penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), ada beragam komentar dari para netizen.

Salah satunya mengenai adanya kenaikan harga tiket setelah aturan bebas PCR diberlakukan oleh pemerintah pusat.

"Tapi harga tiket 2x lipat," tulis akun Instagram @piia*** di kolom komentar.

Dari situ, Batamnews coba menelusuri kebenarannya. Salah satu maskapai yang dikonfirmasi membantah isu tersebut.

"Bukan. Itu bukan kenaikan harga, tapi itu terjadi karena adanya lonjakan penumpang," kata Distrik Manager Lion Air Batam, MZ Bire, Selasa (15/3/2022).

Pada saat aturan wajib PCR masih berlaku sebagai syarat penerbangan, dijelaskan dia, bahwa pihaknya sempat menurunkan harga tiket atau memberi diskon. 

Setelah aturan PCR tak lagi jadi syarat, Lion Air mengembalikan lagi harga tiket kembali ke normal.

"Pada saat aturan PCR masih berlaku, kami memberi diskon harga. Tujuannya agar maskapai tetap jalan dan tidak memberatkan masyarakat lagi. Kemudian, setelah aturan PCR tak lagi jadi syarat keberangkatan, kami pun mengembalikan harga tiket ke harga normal seperti sebelumnya," ujar Bire.

Kemungkinan, masyarakat berpatokan pada harga tiket saat diskon dan tidak melihat harga normal. "Kalau patokannya dari harga diskon, jelas disebut kenaikan harga. Tapi nyatanya tidak, kami hanya mengembalikannya ke harga normal saja," katanya. 

Dari pantauan di salah satu e-commerce yang melayani penjualan tiket pesawat, harga tiket memang berbeda jika dibandingkan pada saat kebijakan wajib PCR bagi penumpang masih berlaku.

Sebagai contoh, tiket dari Batam tujuan dengan Jakarta menggunakan maskapai Lion Air untuk keberangkatan pada 24 Maret 2022 dibanderol Rp 738 ribu. 

Sebelumnya, tiket penerbangan untuk tujuan yang sama berada di kisaran Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribuan.

(jun)