AJI Tanjungpinang dan AMSI Gelar Diskusi Publik Bahas Toleransi Beragama

AJI Tanjungpinang dan AMSI Gelar Diskusi Publik Bahas Toleransi Beragama

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kepulauan Riau (Kepri), menggelar diskusi publik.

Tanjungpinang, Batamnews - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kepulauan Riau (Kepri), menggelar diskusi publik di Sekretariat AJI Kota Tanjungpinang Jl. D.I Panjaitan, Komplek Bintan Center Km.9 Blok C No.58 Kota Tanjungpinang, Sabtu (12/3/2022).

Diskusi yang mengusung tema "Memperkuat Toleransi Beragama Dalam Perspektif Organisasi" ini menghadirkan narasumber Kakanwil Kemenag Provinsi Kepri, Mahbub Daryanto serta Nazarrudin, Wakil Ketua FKUB Provinsi Kepri.

Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani mengatakan, jurnalis dituntut harus bertanggungjawab dalam menjalankan kerja-kerjanya. Kemudian juga mampu menjaga agar tidak terjadi perpecahan sesama umat beragama.

Baca juga: AJI Tanjungpinang dan Mahasiswa Gelar Seminar Waspada Hoaks

"Sebagai seorang pewarta, peran jurnalis sangat vital, karena dituntut untuk menyebarkan informasi secara seimbang dan tidak cenderung memprovokasi ditengah bermacam-macam keberagaman di masyarakat," kata Jailani

Sementara itu Ketua AMSI Kepri, Charles Sitompul mengatakan bahwa seorang pewarta dalam memandang permasalahan harus melihat dari berbagai sisi. Salah satunya isu dari berbagai perspektif.

"Kita dalam melakukan peliputan harus melihat isu dari berbagai perspektif, ketika ada pro dan kontra yang terjadi di masyarakat kita harus memberikan ruang yang seimbang kepada mereka," ujarnya.

Kemudian, Kakanwil Kemenag Kepri, Mahbub Daryanto mengaku, Kemenag RI terus menggencarkan sosialisasi program moderasi antar umat beragama.

Baca juga: AJI Tanjungpinang Gandeng HMIP UMRAH Gelar Webinar Waspada Hoaks

"Salah satu esensi kehadiran agama adalah untuk menjaga martabat manusia sebagai makhluk mulia ciptaan Tuhan, untuk mencapai itu agama selalu menghadirkan ajaran tentang keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan," jelasnya.

Wakil Ketua FKUB Provinsi Kepri, Nazaruddin mengapresiasi AJI Kota Tanjungpinang yang telah menggelar ruang diskusi tentang toleransi beragama. Menurutnya, ruang-ruang diskusi publik seperti ini harus sesering mungkin dilakukan.

"Mengingat banyaknya media berbasis internet yang seringkali menyebarkan isu hoaks dan menimbulkan perpecahan di masyarakat. Sehingga diskusi seperti ini harus sering dilakukan untuk menangkal hal itu," sebutnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, sebagai seorang jurnalis media penting untuk mengkroscek keberimbangan sebuah pemberitaan yang dilakukan dan agar tidak memprovokasi masyarakat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews