Rugi Ratusan Juta, Kok Masih Ada yang Nggak Tahu Binomo Ilegal?

Rugi Ratusan Juta, Kok Masih Ada yang Nggak Tahu Binomo Ilegal?

Foto: Binomo (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)

Jakarta, Batamnews - Binomo menelan banyak korban. Tak tanggung-tanggung, kerugian korban dari aplikasi binary option ini mencapai Rp 500 juta. Itu baru kerugian yang dialami satu orang saja. Kok bisa si korban tak tahu bahwa aplikasi Binomo jelas-jelas ilegal?

Korban platform investasi Binomo, Maru Nazara menuturkan bahwa dia mempercayai legalitas Binomo karena termakan bujuk rayu dari afiliator. Terlebih dia melihat para afiliator aplikasi binary option ini hidupnya baik-baik saja, tidak dikejar-kejar polisi. Dan baru-baru ini saja polisi mulai memburu para afiliator.

Baca juga: Bukan Binomo, Platform Quotex Bikin Doni Salmanan Terancam 20 Tahun Penjara

"Memang pada waktu itu kami terlalu percaya sama seseorang yang seperti afiliator ini ya bahwa Binomo ini legal. Kita bisa tradingkan dan ini sangat aman katanya ya, dan kami lihat juga sangat aman, nggak ada tindakan pemerintah sama sekali menegur misalnya. Kami nggak pernah dengar afiliator diberikan sanksi, nggak pernah kan. Nah karena mereka bilang ini aman dan ini legal di Indonesia makanya kami yakin berarti aman dong kalau seperti itu," katanya dalam program d'Mentor dikutip Jumat (11/3/2022).

Keyakinan para korban semakin diperkuat karena melihat kehidupan mewah para afiliator. Alhasil para korban meyakini bahwa para afiliator ini benar-benar sukses berkat berkecimpung di aplikasi binary option.

"Awalnya saya bisa bergabung di sini itu karena melihat sosok yang kami anggap sebagai pahlawan di Indonesia ini ya kan, dan mereka sukses trading katanya. Ya kan waktu itu katanya Mereka sukses trading. Terus mereka nggak mau kaya sendiri, jadi mereka harus mengajak orang lain supaya juga orang lain sukses, kan seperti itu ceritanya. Jadi kami lihat mereka semakin hari mereka semakin sukses," tuturnya.

Dia mengakui tidak melakukan kroscek terkait legalitas aplikasi Binomo karena sudah terlanjur termakan oleh afiliator yang menjual cerita kesuksesan bermain binary option. Pemikirannya sederhana, jika afiliator bisa sukses lewat Binomo, seharusnya dia juga bisa.

"Kalau mereka diberikan kesempatan kenapa kita nggak diberikan kesempatan? kalau mereka bisa sukses ya kita juga yakin kita pasti bisa sukses di sini kan," terang Maru.

Baca juga: Rekam Jejak Indra Kenz yang Kini Jadi Tersangka Kasus Binomo

Para afiliator ini memang kerap memamerkan kekayaan hingga tersemat label 'crazy rich' pada mereka. Maru mengaku kala itu belum tahu bahwa itu manipulatif sehingga masih yakin para afiliator ini benar-benar sukses.

"Jadi akhirnya saya masuk ke dalam itu dan saya pelajari karena saya dibagikan strategi seperti itu akhirnya saya coba dan ternyata tidak seperti apa yang mereka sampaikan," tambahnya.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga pada acara yang sama menegaskan bahwa Binomo dan aplikasi binary option lainnya itu ilegal karena sama seperti judi.

"Yang namanya Binomo itu sudah jelas ilegal, kenapa? karena itu kan judi ya, itu nebak-nebak ya kan, kalau nebaknya benar dapat 80%, kalau salah lost 100% dan itu kan menjadikan sesuatu yang menurut saya dari prinsipnya saja itu sudah bertentangan dengan hukum kita," tegasnya.

Dengan demikian Jerry mewanti-wanti masyarakat jangan mencoba atau mengambil produk-produk seperti Binomo yang memang jelas-jelas tidak sesuai dengan hukum di Indonesia.

Baca juga: Kasus Doni Salmanan Terkait Binomo Naik Penyidikan, Ini Sederet Bisnisnya

"Tapi kami juga menyadari memang ini kan jangkauannya dan juga cara-cara yang dilakukan seperti yang tadi Mas Maru sudah sampaikan melalui public figure misalnya, ya melalui artis atau melalui influencer atau melalui sosok yang mungkin dianggap bisa memberikan pengaruh atau dampak yang luas. Nah ini memang cara-cara seperti ini yang kadangkala juga secara realita di lapangan juga itu kadang-kadang memang bisa membuat masyarakat itu atau publik itu bisa teryakinkan," paparnya.

Dia menjelaskan bahwa aparat penegak hukum sudah melakukan tindakan tegas kepada para pihak terlibat yang menyebabkan orang-orang menjadi korban Binomo cs. Misalnya saja sudah ada beberapa afiliator yang diproses oleh polisi.

"Nah ini saya pikir adalah tindakan yang jelas dan tegas, dan kami juga mengapresiasi aparat penegak hukum dalam hal ini Bareskrim dan juga Polri yang memang senantiasa juga mengawal, dan juga tentu menindak, dan juga tentu membuat kepastian dan memberikan informasi yang pas kepada masyarakat bahwa yang kayak begini-begini adalah ilegal," tambahnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews