5 Obat Alami Ala Jepang untuk Redakan Gejala Omicron

5 Obat Alami Ala Jepang untuk Redakan Gejala Omicron

ilustrasi (Foto: biomedisiana.com)

Batam, Batamnews - Virus Covid-19 varian Omicron diklaim memicu gejala yang lebih ringan dibandingkan varian lainnya. Bahkan disebut-sebut mirip dengan penyakit flu biasa, seperti batuk, pilek, hingga sakit tenggorokan.

Berbicara tentang gejala Omicron yang berupa batuk hingga pilek, berikut sejumlah obat alami ala Jepang untuk meredakannya, dikutip dari All About Japan, Minggu (6/3/2022).

1. Shoga-yu (jahe dan madu)

Panduan madu dan jahe berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan sakit tenggorokan.

Dikutip dari laman resmi Penn Medicine, madu dikenal sebagai obat sakit tenggorokan lantaran memiliki sifat antibakteri alami yang mampu menyembuhkan luka di tenggorokan. Bahkan, bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan di tenggorokan loh.

Begitu juga dengan jahe yang diklaim memiliki sifat antiinflamasi yang berguna mengendurkan selaput di saluran pernapasan yang dapat mengurangi batuk.

Baca juga: Awas, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Picu Obesitas

2. Teh hijau

Pasien COVID-19, termasuk Omicron bisa mengkonsumsi minuman hangat seperti teh hijau. Pasalnya, teh ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.

Peneliti Jepang Hiroshi Yamada, MD, Ph.D menemukan dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga tubuh dari ancaman flu yakni catechin dan theanine. Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

3. Hachimitsu daikon (madu dan lobak putih)

Alternatif minuman madu lainnya adalah madu dengan lobak putih. Sebagai informasi, lobak putih memiliki kandungan vitamin C dan enzim yang dapat melarutkan mukus atau lendir yang ada dalam tenggorokan.

Caranya, potong lobak putih menjadi kecil-kecil seperti dadu, kemudian masukan ke dalam larutan madu. Diamkan selama beberapa jam agar meresap, lalu diminum.

Baca juga: 5 Manfaat Masturbasi Bagi Kesehatan, Bantu Redakan Stres

4. Bawang bombai

Selain dijadikan sebagai bahan masakan, bawang bombai juga meredakan gejala COVID-19 Omicron. Kandungan antiinflamasi, vitamin C, dan flavonoid di dalamnya berguna untuk melegakan hidung yang tersumbat. Bisa dikonsumsi dengan air hangat yang ditambahkan sedikit madu dan jahe.

5. Jamur shiitake

Selain rasanya yang kenyal, jamur shiitake secara tradisional digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang tentunya bisa membantu proses penyembuhan akibat infeksi Omicron.

Untuk mengkonsumsinya, bisa campurkan jamur shiitake ke dalam sup atau dikukus.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews