5 Manfaat Masturbasi Bagi Kesehatan, Bantu Redakan Stres

5 Manfaat Masturbasi Bagi Kesehatan, Bantu Redakan Stres

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Tidak selalu menimbulkan efek buruk, masturbasi ternyata juga memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh. Namun tetap harus dilakukan sewajarnya saja.

Masturbasi merupakan cara alami yang aman untuk menjelajahi tubuh, mendapatkan kesenangan, dan melepaskan ketegangan seksual yang menumpuk.

Penelitian menunjukkan bahwa kesenangan masturbasi dapat membawa berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, menghilangkan rasa sakit, dan meredakan kram menstruasi.

Baca juga: 5 Kebiasaan Pagi Agar Lebih Semangat Beraktivitas

Berikut ragam manfaat masturbasi:

1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Sebagaimana dilansir Bigthink, masturbasi dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Hal ini terjadi karena ada oksitosin dan dopamin yang menyebabkan penurunan kadar kortisol. Saat ini terjadi sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

Jennifer Landa, seorang spesialis terapi hormon mengatakan, masturbasi dapat menghasilkan lingkungan yang tepat untuk sistem kekebalan yang diperkuat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Psikologi Medis di University Clinic of Essen di Jerman menunjukkan hasil yang serupa.

Penelitian ini melibatkan 11 sukarelawan. Selama percobaan ini, jumlah sel darah putih dari setiap peserta dianalisis melalui pengukuran yang dilakukan 5 menit sebelum dan 45 menit setelah mencapai orgasme yang diinduksi sendiri.

Hasilnya menegaskan bahwa gairah seksual dan orgasme meningkatkan jumlah sel darah putih, terutama sel pembunuh alami yang membantu melawan infeksi.

Temuan mengonfirmasi bahwa sistem kekebalan dipengaruhi secara positif oleh gairah seksual dan orgasme yang dipicu oleh diri sendiri dan mempromosikan lebih banyak penelitian tentang dampak positif dari gairah seksual dan orgasme.

 

2. Melepas stres

Jauh dengan pasangan bukan berarti aktivitas seksual langsung nihil sama sekali. Masturbasi bisa membantu melepas stres akibat pandemi dan karantina.

Masturbasi hingga tercapai puncak kenikmatan akan membuat tubuh melepas hormon oksitosin, dopamin juga endorfin sehingga membantu Anda rileks.

Selama momen di mana segala sesuatunya kacau dan publik dihadapkan pada kecemasan, masturbasi adalah teknik yang personal dan aman untuk melepas stres," ujar sexpert Jordin Wiggins, seperti dikutip Teen Vogue.

Ini tidak mengada-ada. Menurut Greatist, hasil survei 'Self-Pleasure Report' pada 2019 oleh perusahaan sex toys menyebut masturbasi berada di urutan kedua sebagai aktivitas pelepas stres setelah seks.

3. Menambah dorongan seksual

Buat pria, masturbasi akan menambah dorongan seksual. Saat hubungan seksual, Anda bisa menambahkan 'menu' masturbasi agar dorongan seksual makin kuat sehingga membantu performa seks lebih baik.

Baca juga: Ketahui 7 Dampak Bagi Anak-anak yang Sering Main Game

4. Atasi insomnia

Tubuh mengeluarkan prolaktin saat masturbasi. Prolaktin bertindak sebagai alat bantu tidur.

"Wanita yang bermasturbasi cenderung memiliki kepuasan seks yang lebih baik, suasana hati yang lebih baik, dan kualitas tidur yang lebih baik," kata ahli ginekologi Tami Prince, seperti dikutip Elite Daily.

Namun, perlu diingat, masturbasi juga bisa menimbulkan kecanduan. Banyak kasus kecanduan masturbasi yang bisa mengganggu kehidupan sehari-hari dan hubungan personal.

Prince mengingatkan, kecanduan masturbasi perlu ditangani dengan cepat oleh tenaga profesional, baik dokter ataupun psikiater.

Sementara bagi perempuan hamil, masturbasi umumnya aman dilakukan. Namun, masturbasi tak disarankan jika Anda mengalami kehamilan berisiko tinggi karena dapat meningkatkan risiko persalinan prematur.

5. Redakan kram menstruasi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa masturbasi ternyata bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan mengalihkan pikiran dari rasa sakit karena menstruasi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Charlottesville, dilansir AsiaOne, partisipan wanita menemukan bahwa mereka paling menikmati masturbasi ketika sedang menstruasi dibandingkan dengan tahap lain dari siklus menstruasi.

Tindakan kesenangan diri juga dapat membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan yang Anda alami selama menstruasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews