5 Kebiasaan Pagi Agar Lebih Semangat Beraktivitas

5 Kebiasaan Pagi Agar Lebih Semangat Beraktivitas

Ilustrasi.

Jakarta - Pandemi belum usai di tahun ini. Namun, kondisi yang serba dibatasi ini tak bisa dijadikan sebagai alasan untuk kita bermalas-malasan di dalam rumah. Ya, meski di dalam rumah, kita tetap harus semangat agar tetap produktif.

Tidak perlu langsung melakukan perubahan besar, mengubah kebiasaan pagi yang lebih positif ternyata dapat meningkatkan semangat untuk mewujudkan goals yang hendak dicapai. Lantas, apa saja yang bisa kita lakukan? Berikut ini kebiasaan baik yang bisa kamu mulai setelah bangun tidur di pagi hari!

Merapikan Kamar dan Tempat Tidur

Sejak kecil kita diajarkan orang tua untuk merapikan kamar dan tempat tidur. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menerapkan kebiasaan ini setiap pagi setelah bangun tidur. Padahal, merapikan tempat tidur memberikan dampak baik bagi kesehatan.

Merujuk Psychology Today, dikatakan bahwa orang-orang yang terbiasa merapikan tempat tidurnya merasa hidupnya lebih bahagia. Bahkan, kebiasaan ini dapat menimbulkan rasa cinta pada pekerjaan serta termotivasi untuk berolahraga secara rutin.

Jadi, agar hari-hari lebih semangat, tak ada salahnya meluangkan waktu beberapa menit untuk merapikan kamar dan tempat tidur. 
Membangun kebiasaan ini setiap pagi juga melatih diri untuk lebih teratur sekaligus dapat menurunkan stres karena melihat ruangan yang berantakan. Jangan lupa buka jendela setiap pagi, agar udara segar masuk dan sirkulasi ruangan terjaga dengan baik, ya!

Jangan Lewatkan Sarapan

Bangun tidur, perut terasa lapar? Ya, itu adalah hal yang wajar. Sebab Setelah tidur malam yang panjang, perut kita menjadi kosong. Karenanya, sangat penting mengisi perut dengan sarapan agar tubuh mendapatkan asupan energi. Tak hanya itu, sarapan pagi juga menghindarkan tubuh dari berbagai serangan penyakit, memperbaiki metabolisme tubuh, dan meningkatkan kinerja otak.

Bagi yang tidak terbiasa sarapan pagi, kamu bisa membentuk kebiasaan ini dan memulainya dengan memilih menu favorit yang sifatnya ringan. Misalnya, makan buah-buahan, makan roti, atau minum susu. Menu sarapan bergizi ini dapat meningkatkan mood baik di pagi hari dan kamu pun siap menghadapi kegiatan harian.

Olahraga Ringan

 

Olahraga Ringan

Memulai olahraga di pagi hari memang terasa berat. Terlebih lagi bila kamu bukan tipe morning person. Namun berolahraga di pagi hari sangatlah penting. Selain membakar lemak, olahraga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya, merangsang hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit sekaligus memberikan energi positif.

Rutin melakukan olahraga ringan di pagi hari juga dapat meningkatkan fokus kita pada berbagai kegiatan di siang hari, membangkitkan nafsu makan, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan kualitas tidur.

Kamu bisa memulainya dengan workout atau stretching selama 7 menit setiap hari. Siapkan matras, dan lakukan jumping jacks, fast feet, plank, pilates roll up, bicycle crunches, dan superman move. Lakukan setiap posisi ini dalam 30 detik. Mudah sekali, kan?

Sisihkan Waktu Membuat Jurnal Harian

Duduk dan menulis jurnal harian di pagi hari dapat memberikan dampak besar pada suasana hati, pola pikir, dan motivasi kamu dalam menjalankan hidup. Selain itu, morning journaling juga sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan sedikit waktu dan peralatan.

Tuliskan apa saja yang akan dikerjakan hari ini, apa yang ingin kamu coba, apa yang ingin kamu perbaiki. Misalnya, menulis target pekerjaan atau pencapaian kecil lainnya yang ingin digapai.

Menulis jurnal harian dapat membantu kamu lebih fokus dan terarah dalam beraktivitas. Kegiatan ini membuatmu terus mengevaluasi diri agar menjadi lebih baik setiap harinya. Resolusi setiap tahun, tentu bisa tercapai dengan cara ini.

Lakukan Afirmasi Positif

Afirmasi positif adalah ungkapan positif yang ditanamkan dalam pikiran dan hati. Afirmasi berbeda dengan “angan-angan” yang tidak realistis, tetapi merupakan latihan mengubah pikiran dan cara pandang menjadi lebih baik.

Sering kali kita tanpa sadar merasa “tidak akan” atau “tidak bisa” dalam mencapai sesuatu. Padahal, ini merupakan bentuk self sabotage yang membatasi atau menahan diri untuk meningkatkan kualitas hidup.

Melakukan afirmasi positif pada pagi hari dapat mengurangi stres dan meningkatkan kepercayaan diri, lho. Jadi, mulai sekarang, tanamkan pada diri kamu kata-kata seperti “aku akan sukses”, “aku bahagia hari ini”, “aku bersyukur atas pekerjaan/tugasku”, “aku bangga pada diri sendiri”, “aku bisa melakukan hal ini”, dan kata-kata positif lainnya.

Mulailah kebiasaan-kebiasaan kecil ini di pagi hari agar kamu lebih siap dan bersemangat beraktivitas seharian penuh. Mewujudkan pencapaian kecil setiap hari tentu membantu kamu mencapai tujuan besar dalam hidup.