Kunjungi Batamnews, Putri Indonesia Kepri Tertarik Kolaborasi Bazaar UKM Batamnews

Kunjungi Batamnews, Putri Indonesia Kepri Tertarik Kolaborasi Bazaar UKM Batamnews

Charmelita Dhita Oktavia, wakil Kepulauan Riau dalam ajang Putri Indonesia 2022 saat berkunjung ke Batamnews. (Foto: Ian/batamnews)

Batam, Batamnews - Charmelita Dhita Oktivia (24) siap bersaing di ajang nasional Puteri Indonesia 2022 pada bulan Mei mendatang.

Charmel terpilih mewakili Kepri dalam ajang kontes kecantikan di Indonesia usai melewati audisi pusat di Graha Mustika Ratu.

Gadis dengan tinggi badan 172 cm tersebut merupakan Sarjana Teknik Industri, Universitas Trisakti.

Di sela kunjungannya ke Batamnews pada Kamis (3/3/2022), Charmel bercerita tentang keinginannya mengangkat pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kepulauan Riau.

Ia juga memiliki layanan advokasi atau pendampingan bagi UMKM bernama @routemarketindonesia.

"Advokasi ini berfokus memberikan edukasi kepada penjual di pasar tradisional mengenai perkembangan digitalisasi," ucap gadis kelahiran Batam itu.

Fokus penguatan UMKM ini lahir dari pengalaman gadis berusia 24 tahun tersebut dalam mengarungi dunia sales selama lebih dari 2 tahun.

Dalam kunjungannya ke sejumlah daerah di Kepri, Charmel mengungkapkan perlunya UMKM dibekali dengan sentuhan teknologi digital, khususnya dalam pemasaran produk.

Berbagai UMKM di Kepri telah ia datangi. Seperti sentra tenun tradisional khas Melayu di Pulau Ngenang, Batam maupun industri kerupuk ikan di Tanjungpinang dan Karimun.

"Visi dan misi saya adalah mengembangkan UMKM Kepri ke arah industri 4.0," ujarnya.

Ketertarikan Charmel untuk mengembangkan UMKM di Kepri mendapat respons positif dari CEO Batamnews, M Zuhri.

Zuhri memaparkan rencana Batamnews menggelar event bazaar yang melibatkan UMKM di Batam pada Ramadan mendatang.

"Ini sejalan dengan misi Batamnews membangkitkan kembali UMKM yang dihantam pandemi dan berimbas pada pemasukan mereka. Rencananya kami gelar dua bulan sekali," ujar Zuhri.

Gayung pun bersambut. Charmel menyatakan kesiapannya berkolaborasi dengan Batamnews untuk berbagi ilmu kepada para pelaku UMKM di Batam dalam Ramadan Fair di Kepri Mal pada bulan puasa nanti.

"Nanti kita berkolaborasi untuk advokasi dan campaign," kata dia.

Prestasi Charmel Dhita Oktavia

 

Selain cantik, tentunya Charmel juga telah menuai banyak prestasi dan pencapaian. 

Diantaranya Juara Kedua dalam Kompetisi Musik Tradisional Kepulauan Riau (memainkan alat musik akordeon), mewakili Indonesia untuk menampilkan tari tradisional Zapin dalam acara Indonesia Overseas and Cultural Festival di Teater Queen Elizabeth, Vancouver, Kanada.

Ia juga menjadi bagian dalam Siswi Pertukaran Indonesia-Canada 2013 di Thompson Rivers University, Kamloops, Kanada.

Charmel juga menempati posisi pertama dalam kompetisi Trisakti Business Plan 2017 berkat produk ramah lingkungan buatannya yang berupa dinamo yang dirancang untuk mengubah energi gerak menjadi listrik dan digunakan sebagai charger pada sepeda dan sepeda motor.

Prestasi ini diraihnya dalam The Designation of CIBIA (Certified International Business Intelligence Associate) at PASAS (Purchasing Supply Association Singapore) 2017.

Dalam ajang nasional Puteri Indonesia 2022, Charmel berharap dukungan dan doa seluruh warga Kepulauan Riau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews