Timnas Batal 'Push Rank' Lewat Laga Uji Coba Bulan Maret

Timnas Batal

Timnas. (Foto: Antara)

Jakarta, Batamnews - PSSI membatalkan rencana laga uji coba Timnas Indonesia di Bulan Maret. Pembatalan, kata PSSI, merupakan permintaan dari pelatih Shin Tae-yong.

Sedianya Timnas Indonesia bakal memanfaatkan jeda internasional atau FIFA Matchday yang akan jatuh pada 21-29 Maret. Empat calon lawan pun sudah dibidik, yakni Tajikistan, Uzbekistan, Suriname, dan Bangladesh.

Baca juga: Dimas Nanda, Remaja Asal Kepri Dipanggil TC Timnas U-16

Uji coba ini diharapkan menjadi upaya 'push rank' Timnas Indonesia, alias memperbaiki rangking FIFA. Selain itu, uji coba juga bisa bermanfaat buat persiapan menuju Kualifikasi Babak Ketiga Piala Asia 2023.

Tetapi pada akhirnya hal ini dipastikan tak akan terlaksana. PSSI menyebut bahwa Shin Tae-yong telah memutuskan Timnas Indonesia batal menjalani rencana uji coba.

"Menurut Shin Tae-yong, laga FIFA Match Day di bulan Maret tidak efektif dan efisien. Hal ini karena dia juga memimpin tim U-20 persiapan Piala Dunia U-20 2023 menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dalam rilis federasi.

"Untuk itu, PSSI memahami permintaan Shin Tae-yong dan mendukung semua program dari dia demi prestasi Timnas Indonesia," ujarnya menambahkan.

Bentrok dengan agenda Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 menjadi alasan utamanya. Timnas U-19 akan melakukan persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023 dengan menggelar TC di Korea mulai 7 Maret.

Baca juga: PSSI Lobi Dua Pemain Keturunan Bela Timnas Indonesia, Termasuk Kiper Sampdoria

Di Negeri Ginseng, Timnas U-19 juga akan berkesempatan melawan Timnas Korea U-20. Rencananya uji coba ini digelar pada akhir Maret yang bentrok dengan jeda internasional Bulan Maret.

"Ya, tidak ada pertandingan laga FIFA Match Day di bulan ini. Pada Maret ini, kami sedang fokus memberikan latihan untuk tim U-20 di Korea," tutur Iriawan.

"Setelah ini, kami harus mempersiapkan pemanggilan pemain untuk pemusatan latihan SEA Games yang diikuti pemain dari klub dalam negeri dan luar negeri. Untuk itu, harus dilakukan komunikasi dari sekarang," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews