Timnas Indonesia Batal Ikut Piala AFF U-23 Kamboja

Timnas Indonesia Batal Ikut Piala AFF U-23 Kamboja

Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto: AP Photo)

Jakarta, Batamnews - Timnas Indonesia U-23 mundur dari Piala AFF U-23 2022. Penyebabnya karena kekurangan pemain lantaran badai Covid-19 yang melanda tim.

PSSI dalam laporannya menyebut ada tujuh pemain Timnas U-23 yang terpapar Covid-19. Mereka adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Sementara empat pemain menunggu masa inkubasi karena sekamar dengan mereka yang terpapar Covid-19, yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022

Kondisi itu diperparah dengan cedera yang diderita Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Mereka bertiga mendapat cedera baru-baru ini saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1.

Muhammad Riyandi menjadi satu-satunya kiper tersisa, karena Cahya juga positif Covid-19. Padahal Riyandi baru saja menjalani karantina selama 10 hari.

Situasi darurat ini membuat Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada federasi, mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI.

Diskusi pun digelar yang melibatkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong, yang akhirnya diputuskan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di turnamen itu.

Baca juga: Pemain Timnas Malaysia Terpapar Covid-19 Jelang Piala AFF U-23

"Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis federasi.

"Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena Covid-19 dan yang mengalami cedera," ujarnya.

Sebelum keputusan ini, Shin Tae-yong sudah mengindikasikan bahwa timnya dalam kondisi buruk saat memberikan keterangan di Kemenpora, Kamis (10/2/2022). Pelatih asal Korea juga sudah mengungkapkan bahwa timnya terdampak badai Covid-19.

Sedianya Timnas U-23 berangkat ke Kamboja pada, Jumat (11/2/2022). Namun keberangkatan ini dipastikan batal lantaran PSSI memutuskan Timnas U-23 tak ikut serta Piala AFF U-23.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews