Ketahui, Benda Sehari-hari yang Punya Masa Pakai dan Bisa Kedaluwarsa

Ketahui, Benda Sehari-hari yang Punya Masa Pakai dan Bisa Kedaluwarsa

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Jakarta - Dalam mengonsumsi suatu benda terutama makanan alangkah baiknya agar kita terlebih dahulu mengecek tanggal kadaluarsa produk tersebut. 

Hal itu dilakukan agar kita terhindar dari keracunan terutama dari makanan instan seperti mie, sarden, minuman kaleng, snack ringan dan masih banyak lagi. 

Namun, ternyata bukan hanya makanan atau minuman saja loh yang memiliki masa pakai atau tanggal kedaluwarsa. 

Benda-benda yang kita pakai sehari-hari juga sebenarnya memiliki masa pakai. Bisa dibilang merupakan tanggal kedaluwarsa imajiner. 

Yang jelas, benda tersebut kalau dilihat masih baik-baik saja. Tapi hal-hal seperti material yang dipakai sebagai bahan pembuatan akan berkurang kualitasnya sehingga terkadang akan muncul rasa tidak nyaman saat dipakai.

Berikut 5 benda sehari-hari yang ternyata punya masa pakai dan bisa kedaluwarsa:

 

1. Sepatu Olahraga

Barang sehari-hari yang pertama adalah sepatu. Ketika kita memakai sepatu olahraga secara aktif, maka sistem penyerap gunjangan, sol, serta bagian punggung sepagu akan menurun kualitasnya. Dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman jika dipakai terus menerus.

Sepatu lari sebaiknya diganti kalau sudah dipakai lari sepanjang 250 mil atau 402 kilometer. Atau jika tidak terlalu sering dipakai, mungik bisa untuk 3 tahun pemakaian, sampai kemudian kamu membeli sepatu baru.

2. Kacamata Hitam

Karena kacamata hitam biasa dipakai untuk meredam sinar ultraviolet yang masuk ke mata, maka ada batas kapasitasnya. Jika kualitas dari kacamata hitam menurun tentunya itu akan berbahaya bagi Kesehatan mata kita.

Bukannya mendapat perlindungan, mata kita justru akan tetap silau jika terkena matahari.  Kacamata hitam nggak bagus lagi kalau sudah dipakai di bawah matahari lebih dari 2 tahun.

3. Sisir Rambut

Sisir tuh ternyata paling lama dipakai selama setahun. Kalau udah lewat, mending beli baru deh. Sisir yang sudah setahun dan kotor bisa jadi sarang ketombe. Bukannya rapih setelah sisiran, eh rambut kalian malah ketombean.

4. Handuk

Handuk itu memang dipakai saat kita habis bersih-bersih alias mandi, tapi bukan berarti handuk bisa bebas dari bakteri. Apalagi sebagian orang suka lupa mencuci handuk. Karena itu, selama-lamanya, kita harus ganti handuk tiap 3 tahun sekali.

Tapi kalau handuk dirumah kalian sudah mbrudul dan bahkan berganti warna dari warna sebelumnya, mending langsung ganti deh, daripada nanti jadi sumber penyakit karena bakteri yang menempel.

5. Bantal

Kalau yang satu ini paling susah digantikan nih. Banyak tuh yang punya bantal kesayangan sejak masih kecil. Padahal udah kumal banget. Sebenernya boleh aja nyimpen bantal kesayangan dari kecil, asal selalu dijaga kebersihannya.

Namun sebaiknya bantal hanya dipakai 2-3 tahun, setelah itu diganti dengan yang baru. Selain bisa jadi rumah bakteri bantal yang sudah berumur juga terkadang tidak empuk lagi dan bisa mengurangi kualitas tidur anda.