Kenali 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air Putih

Kenali 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air Putih

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Demi mendisiplinkan diri, sebagian orang menggunakan botol air minum dengan pengingat untuk menghabiskan 1,5-2 liter air per hari. Jumlah ini pun setara dengan saran para ahli yakni 8 gelas air per orang per hari.

Akan tetapi, sebenarnya tidak ada rumus pasti jumlah terbaik cairan yang harus masuk ke tubuh. Air putih memang baik, tetapi jika terlalu banyak hasilnya tak akan baik lagi buat tubuh.

Berikut efek samping terlalu banyak minum air putih.

1. Mual dan muntah

Menurut Tamara Hew-Butler, profesor ilmu keolahragaan di Oakland University, Rochester, efek samping kelebihan cairan mirip dengan kekurangan cairan (dehidrasi). Saat minum terlalu banyak air, ginjal kesulitan membuang kelebihan cairan dan air mulai terkumpul di tubuh.

Hal ini pun mengakibatkan gejala-gejala tidak menyenangkan termasuk mual sampai muntah, kemudian diare.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Waktu Tepat Konsumsi Air Putih untuk Jaga Kesehatan

2. Sakit kepala

Seperti dehidrasi, overhidrasi pun membuat Anda sakit kepala. Seperti dilansir The Healthy, ketika Anda terlalu banyak minum air, konsentrasi garam dalam darah berkurang sehingga mengakibatkan sel-sel organ di seluruh tubuh membengkak.

Terlalu banyak minum air benar-benar membuat otak membesar dan mampu menekan tengkorak. Tekanan pada tengkorak mengakibatkan sakit kepala berdenyut dan masalah kesehatan serius seperti gangguan otak dan kesulitan bernapas.

3. Tangan, kaki, dan bibir bengkak

Tak hanya otak yang ukurannya membengkak, ini pun terjadi pada tangan, kaki dan bibir. Anda akan mendapati beberapa area tubuh ini mengalami perubahan ukuran dan warna.

Menurut Insider, terlalu banyak minum air akan menurunkan kadar garam dalam darah sehingga sel tubuh membengkak dan menahan cairan.

Baca juga: 10 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi dan Malam Hari

4. Kram

Anda perlu mengontrol konsumsi air apalagi saat menemukan otot mudah kram dan mengencang. Sensasi kekencangan (spasm) sampai kram pada tangan, kaki bisa terasa meski Anda tidak sedang berolahraga.

Sebagaimana dikutip WebMD, saat elektrolit tubuh drop akibat overhidrasi, keseimbangan tubuh pun menurun. Kadar elektrolit yang rendah akan membuat otot kram dan mengencang.

5. Kelelahan

Konsumsi air putih sejatinya memberikan asupan buat sel-sel tubuh agar bekerja optimal. Air putih pun bisa mengembalikan fokus Anda. Namun jika kelebihan air putih, Anda justru akan merasa lelah dan lemah. Kenapa?

Ginjal bekerja keras untuk membuang kelebihan cairan. Hal ini pun menciptakan reaksi hormon yang membuat Anda stres dan lelah.

(ruz)