Mentor Fotografi Batam Bagikan Tips Ciamik untuk Produk UMKM

Mentor Fotografi Batam Bagikan Tips Ciamik untuk Produk UMKM

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Pemasaran produk UMKM lewat media sosial saat ini sangat penting. Untuk itu dibutuhkan cara bagaimana memposting gambar yang baik, agar produk yang dipromosikan bisa menarik minat konsumen

Mentor fotografi produk UMKM asal Batam, Meyani Kristina Ningrum punya tips dalam hal ini. Ia juga memberikan beberapa trik saat mengisi workshop fotografi produk UMKM bertajuk Re-Energize with Oppo A16 di Bogor, Jumat (8/10/2021) lalu.

"Produk yang mereka tawarkan dapat dipromosikan lewat media sosial sehingga jangkauan promosinya lebih luas," ujar Meyani.

Sayangnya banyak pelaku UMKM masih minder membuat foto produk. Salah satu alasannya karena tidak memiliki perangkat pendukung, seperti kamera DSLR.

Padahal membuat foto produk bisa mengandalkan kamera ponsel. Bahkan tidak perlu menggunakan ponsel flagship yang harganya mahal, bisa menggunakan HP Rp 2 jutaan seperti Oppo A16.

"Kalau mau cetak besar memang butuh kamera DSLR. Tapi kalau untuk dipajang di toko online atau media sosial, pakai kamera ponsel sudah lebih dari cukup," kata Meyani.

Ia mengingatkan agar jangan membuat foto produk yang asal-asalan. Sebisa mungkin, dibuat semenarik mungkin supaya banyak pengunjung yang tertarik dan berminat membeli setelah melihat foto tersebut.

Meyani pun membagikan tips untuk membuat foto produk ciamik hanya modal kamera HP:

1. Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu aspek penting untuk menghasilkan gambar yang bagus dalam fotografi. Namun untuk memulai tidak perlu menggunakan alat lighting profesional, cukup memanfaatkan pencahayaan natural.

"Kita bisa memotret di teras atau di dekat jendela. Tapi harus tahu waktu yang tepat atau sering disebut golden hour untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat sehingga hasil jepretan akan maksimal," jelas Meyani.

2. Angle

Memperhatikan angle yang tepat agar produk dapat tampil lebih menarik di foto. Meyani menyarankan untuk melihat foto-foto produk yang ada di media sosial untuk mendapatkan inspirasi. "Amati, tiru dan modifikasi," ujarnya.

3. Edit

Agar lebih menarik, Meyani menyarankan untuk memoles foto hasil jepretan. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan di ponsel secara gratis.

"Bisa pakai Lightroom mobile, Canva, dan remove.bg," pungkas Meyani.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews