10 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi dan Malam Hari

10 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi dan Malam Hari

Ilustrasi

Jakarta - Minum air putih hangat diklaim dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan, melegakan penyumbatan, dan bahkan meningkatkan relaksasi, dibandingkan dengan minum air putih biasa.

Seperti yang dikutip dari Healthline, hanya ada sedikit penelitian ilmiah manfaat minum air putih hangat. Konon, banyak orang merasakan manfaat dari minum air putih hangat, terutama di pagi hari atau tepat sebelum tidur.

Penelitian merekomendasikan suhu optimal antara 54 derajat celcius dan 71 derajat celcius untuk air hangat yang diminum. Jangan minum air putih hangat di atas suhu tersebut karena dapat menyebabkan luka bakar.

Anda pun dapat coba menambahkan sedikit lemon ke air putih hangat untuk meningkatkan mendapatkan sedikit vitamin C.

Berikut manfaat minum air putih hangat di pagi hari dan sebelum tidur dilansir Healthline:

1. Dapat Meredakan Hidung Tersumbat

Secangkir air hangat dapat menghasilkan uap. Menghirup uap lembut ini dalam-dalam dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala karena sinus.

Karena Anda memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan, minum air hangat dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Menurut penelitian tahun 2008, minum air putih hangat memberikan kelegaan yang cepat dan tahan lama dari hidung meler, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Air putih hangat lebih efektif dibandingkan minuman yang sama pada suhu kamar.

 

2. Dapat Membantu Pencernaan

Minum air putih hangat membantu menjaga sistem pencernaan tetap bergerak. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah. Beberapa percaya bahwa minum air putih hangat sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan.

Teorinya adalah bahwa air putih hangat juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang Anda makan sehingga tubuh Anda tidak akan kesulitan mencernanya.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat ini, meskipun sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa air putih hangat mungkin memiliki efek menguntungkan pada pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi.

3. Dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Tidak mendapatkan cukup air hangat atau dingin, dapat berdampak negatif pada fungsi sistem saraf Anda, yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak.

Penelitian dari 2019 menunjukkan bahwa air minum dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati.

4. Dapat membantu mengatasi sembelit

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit. Dalam banyak kasus, minum air putih merupakan cara yang efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit.

Tetap terhidrasi membantu melembutkan tinja dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Minum air putih hangat secara teratur dapat membantu pergerakan usus Anda tetap teratur.

5. Menjaga Anda tetap terhidrasi

Meskipun beberapa bukti menunjukkan bahwa air dingin paling baik untuk rehidrasi, minum air pada suhu berapa pun akan membantu Anda tetap terhidrasi.

Institute of Medicine merekomendasikan Sumber Tepercaya bahwa wanita mendapatkan 78 ons (2,3 liter) air setiap hari dan pria mendapatkan 112 ons (3,3 liter) setiap hari. Angka-angka itu termasuk air dari makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

Anda juga membutuhkan lebih banyak air jika Anda sedang hamil atau menyusui, melakukan aktivitas berat, atau bekerja di lingkungan yang panas.

Cobalah memulai hari dengan satu gelas air putih hangat. Pada dasarnya tubuh Anda membutuhkan air untuk menjalankan setiap fungsi penting, sehingga nilainya tidak boleh dilebih-lebihkan.

 

6. Mengurangi menggigil saat kedinginan

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa meskipun respons alami tubuh dalam kondisi dingin adalah menggigil, minum cairan hangat dapat membantu mengurangi rasa menggigil.

Para peneliti menemukan bahwa meminum air putih hangat dengan cepat dapat membantu mengurangi pekerjaan dalam menjaga suhu tubuh mereka. Hal itu bisa berguna bagi orang yang bekerja atau berolahraga dalam kondisi dingin.

7. Meningkatkan sirkulasi

Aliran darah yang sehat memengaruhi segalanya mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

Mandi air hangat membantu organ peredaran darah Anda - arteri dan vena Anda - berkembang dan membawa darah dengan lebih efektif ke seluruh tubuh Anda.

Minum air hangat mungkin memiliki efek serupa. Namun, ada sedikit penelitian yang menyatakan bahwa ini efektif.

Sebagai bonus, kehangatan dari minum air hangat atau mandi di malam hari dapat membantu membuat Anda rileks dan mempersiapkan Anda untuk tidur nyenyak.

8. Dapat menurunkan tingkat stres

Karena minum air putih hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, rasa cemas Anda mungkin berkurang jika meminumnya. Menurut sebuah studi tahun 2014, minum lebih sedikit air mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, kepuasan, dan emosi positif.

Oleh karena itu, tetap terhidrasi dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat relaksasi Anda.

 

9. Dapat membantu sistem detoksifikasi tubuh

Meskipun tidak ada bukti pasti bahwa air putih hangat memiliki manfaat khusus dalam hal ini, sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa minum lebih banyak air dapat membantu melindungi ginjal sambil mengencerkan bahan limbah dalam darah.

Penelitian lainnya menyebutkan, minum air putih penting untuk membilas tubuh Anda. Ini juga dapat membantu melawan peradangan, menjaga sendi tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.

10. Dapat membantu meredakan gejala akalasia

Akalasia adalah suatu kondisi di mana kerongkongan Anda mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam perut Anda. Orang dengan akalasia mengalami kesulitan menelan. Mereka mungkin merasa seolah-olah makanan tersangkut di kerongkongan alih-alih berpindah ke perut. Ini disebut disfagia.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa minum air putih bermanfaat dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews