5 Rahasia Kulit Sehat dan Glowing Gadis Jepang

5 Rahasia Kulit Sehat dan Glowing Gadis Jepang

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Rahasia sehat, panjang umur, dan kecantikan orang Jepang selalu menarik disimak. Mereka umumnya menggunakan bahan-bahan alami untuk mendapatkan semuanya.

Dalam hal makanan, mereka mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi yang bagus untuk kulit. Tak jarang, makanan itu juga dimanfaatkan oleh wanita Jepang sebagai bagian perawatan kecantikan mereka.

Misalnya komenuka alias dedak beras yang dijadikan masker. Manfaatnya makin maksimal dengan tambahan susu atau madu. Lalu ada juga kacang azuki yang bisa mengecilkan pori-pori wajah saat digunakan sebagai scrub wajah.

Mengutip Savvy Tokyo (16/4/2021), inilah 5 rahasia kulit sehat dan glowing wanita Jepang dari makanan alami:

Baca juga: Seksolog Sanggah Masker Sperma Bikin Kulit Sehat

1. Pakai scrub alami kacang azuki

Kacang azuki merupakan kacang merah mungil yang mudah ditemui di Jepang. Rasanya yang manis legit ini biasa dijadikan isian dorayaki atau mochi.

Kacang azuki kerap dikonsumsi wanita Jepang karena bagus untuk kesehatan kulit. Selain itu, kacang azuki juga dihaluskan untuk dijadikan scrub wajah. Fungsinya menyingkirkan kulit-kulit mati.

Scrub kacang azuki juga disebut ampuh untuk menyingkirkan komedo dan garis-garis halus di wajah. Dilihat dari kandungan nutrisinya, kacang azuki tinggi antioksidan dan mengandung agen busa alami bernama saponin yang membantu membersihkan serta mengecilkan pori-pori wajah.

Untuk membuatnya sendiri, giling kacang azuki pakai coffee grinder sampai membentuk bubuk semi halus. Tempatkan campuran ini di stoples dan simpan di kulkas selama beberapa jam.

Kemudian ambil 1/2 sendok teh bubuk kacang azuki. Taruh di telapak tangan, campurkan dengan beberapa tetes air. Oleskan perlahan dan dengan lembut ke seluruh bagian wajah. Diamkan dua menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi hal ini 2-3 kali seminggu untuk dapatkan hasil maksimal.

 

2. Memanfaatkan dedak beras

Selama berabad-abad, orang Jepang sangat menghargai manfaat sehat komenuka alias dedak beras. Tinggi antioksidan dan nutrisi penting lainnya, dedak beras dijadikan bahan perawatan alami untuk kulit wajah dan tubuh wanita Jepang.

Mereka percaya dedak beras bisa mencerahkan kulit, mengencangkan, sekaligus membuat kulit lembut. Mendapatkan produk mengandung komenuka di Jepang pun bukan perkara sulit karena tersedia di banyak toko obat di sana.

Tapi kalau mau bikin sendiri, komenuka mudah dibuat di rumah. Dalam panci kecil, rebus 3 sendok makan beras dengan air sampai airnya agak keruh. Saring beras dan sisakan airnya sedikit.

Tambahkan 1 sendok makan susu dan campurkan hingga merata. Tambahkan 1 sendok makan madu. Campuran ini seharusnya menjadi agak kental untuk bisa dipakai sebagai masker wajah. Masker alami ini bisa melembapkan kulit, memudarkan noda-noda hitam di wajah, hingga meningkatkan sirkulasi darah di area wajah.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, 7 Makanan Ini Disebut Bisa Merusak Kulit Wajah

3. Andalkan teh hijau

Bukan rahasia lagi kalau orang Jepang sangat suka minum teh hijau. Minuman ini punya sejuta manfaat sehat karena tinggi antioksidan, bersifat antibakteri, dan memiliki senyawa antiinflamasi.

Wanita Jepang juga menggunakan teh hijau sebagai bagian perawatan kecantikan mereka. Ekstrak teh hijau banyak ditemukan di berbagai lotion, tonic, dan produk kecantikan lain di Jepang.

Selain teh hijau biasa, bubuk teh hijau atau yang populer dengan sebutan matcha juga banyak dikonsumsi di sana. Matcha terkenal dengan kandungan katekin-nya yang tinggi. Asupan katekin dikaitkan dengan beragam manfaat sehat dan kecantikan. Lalu ada tannin dalam matcha yang bisa membantu mengencangkan kulit.

 

4. Banyak mengasup vitamin C

Rahasia kulit sehat dan glowing wanita Jepang selanjutnya adalah asupan vitamin C. Vitamin yang terkenal dengan manfaatnya untuk imunitas tubuh ini bisa meningkatkan pasokan kolagen alami di dalam tubuh.

Vitamin C juga bantu deoksidasi dan proses pemecahan melanin, pigmentasi alami yang dialami kulit akibat penuaan. Vitamin C bersifat mencerahkan dan membuat kulit tampak bercahaya.

Wanita Jepang mengonsumsi vitamin C melalui makanan, minuman, dan suplemen. Beberapa buah dan sayuran di sana memang terkenal kaya vitamin C, seperti jeruk yuzu, kesemek Jepang bernama kaki, hingga shiso sejenis kemangi liar.

Baca juga: Cara Aktris Drakor Krystal Jung Merawat Kulit Tetap Segar

5. Jalani pola makan tradisional

Secara umum, pola makan orang Jepang terkenal menyehatkan. Dalam tiap waktu makan mereka, terdapat ragam makanan mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Hal inilah yang juga jadi rahasia wanita Jepang dapatkan kulit sehat dan glowing.

Biasanya makanan tradisional Jepang dibuat dengan prinsip ichiijyu sansai yaitu satu sup dengan tiga hidangan sayuran, ditambah nasi dan ikan. Kombinasi makanan ini disebut tinggi vitamin dan asam lemak omega 3 yang membantu mengurangi produksi racun dalam tubuh, yang merupakan pemicu inflamasi dan penuaan dini pada kulit.

Menu tradisional Jepang biasanya terdiri dari rumput laut wakame, kaiso, ikan, konjac, kinako, dan natto. Semua bahan makanan ini mudah didapat di Jepang dan harganya relatif murah.

(ruz)