Catat! 5 Jenis Ruam Kulit Ini Bisa Jadi Pertanda Terpapar Covid-19

Catat! 5 Jenis Ruam Kulit Ini Bisa Jadi Pertanda Terpapar Covid-19

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Ruam kulit pada seseorang yang terinfeksi Covid-19 memang bukan gejala yang umum terjadi, tetapi tidak bisa diabaikan. Penelitian terbaru yang diterbitkan British Journal of Dermatology menemukan, 8,8 persen dari 11.544 pasien Covid-19, mengeluhkan ruam pada kulitnya.

Dikutip dari Times of India, Kamis (27/1/2022) berikut lima jenis ruam kulit yang muncul dalam kasus Covid-19:

1. Benjolan di Jari Kaki

Benjolan di jari kaki atau dikenal dengan digits Covid merupakan benjolan merah dan ungu yang muncul di jari kaki. Masalah kulit ini paling banyak dikeluhkan pasien Covid.

Secara medis, kondisi ini dikenal sebagai chilblains dan umum terjadi selama musim dingin. Namun dalam kasus Covid-19, kondisi ini dapat muncul dalam musim apapun.

Jika benjolan muncul di jari tangan dan kaki, mungkin akan nampak seperti bengkak tetapi tidak menyebabkan iritasi. Seiring waktu, kulit bagian atas benjolan akan terkelupas dan bagian bawahnya akan terasa bersisik.

Baca juga: Sering Abai, Ini Tanda Tubuh Sedang Terinfeksi Covid Omicron

2. Eksim

Eksim merupakan kondisi peradangan kulit membuat penderitanya merasa gatal, kulit terlihat pecah-pecah, dan kasar. Sebagian penderita eksim saat terinfeksi Covid-19 akan merasakan gatal dan kondisi tersebut dapat berkembang.

Eksim dapat muncul selam terinfeksi Covid-19 atau setelahnya dan biasanya berlangsung selama beberapa hari. Eksim biasanya menyerang bagian kulit yang terkena sinar matahari seperti leher, dada, atau tangan. Tetapi pada kasus COVID-19, penyebab eksim belum diketahui.

3. Hives/Kulit Melepuh/Biduran

Hives atau kulit melepuh merupakan kondisi ruam kulit yang muncul secara tiba-tiba dan terjadi selama beberapa jam. Kondisi kulit ini berbentuk benjolan merah dan gatal karena hasil reaksi kulit. Benjolan juga bervariasi ukuran dan durasi mengempisnya.

Biduran biasanya muncul di beberapa bagian tubuh seperti paha, punggung, dan wajah. Menurut penelitian, kondisi ini biasanya muncul pada awal infeksi Covid-19 dan bisa bertahan lama. Jika bekasnya tidak hilang setelah 6 minggu, ruam dianggap kronis.

Baca juga: Kenali Ciri dan Cara Mencegah Penularan Corona Varian Omicron

4. Ruam Mulut

Ruam mulut atau enanthem bisa jadi salah satu gejala awal Covid-19. Ruam semacam ini biasa muncul di bibir, membuat mulut terasa kering dan bersisik. Dalam beberapa kasus, bibir bahkan bisa terasa sakit. Mulut juga bisa membengkak sehingga kesulitan makanan dan berbicara.

5. Pityriasis Rosea

Pityriasis rosea merupakan ruam jinak yang biasanya muncul dengan bintik bundar atau oval besar di bagian dada, perut, atau punggung. Bintik bundar tersebut biasa disebut dengan herald patch.

Herald patch biasanya bisa mencapai lebar 4 inci. Kondisi ini dipicu oleh infeksi virus dan biasa terjadi pada anak-anak atau remaja.

Ruam akan melebar luas dan sedikit gatal. Biasanya timbul di bagian perut, punggung atas, kaki, dan lengan atas. Kondisi ini akan muncul empat hingga lima hari setelah timbul gejala Covid-19 dan akan terus muncul untuk beberapa waktu.

(ruz)