Open Trip Singapura-Nongsa Dibuka 28 Januari 

Open Trip Singapura-Nongsa Dibuka 28 Januari 

Singapura. (ist)

Batam, Batamnews - Travel bubble mulai dibuka pada tanggal 24 Januari 2022. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pelaku pariwisata di Kawasan Nongsa yang tergabung dalam Nongsa Sensation membuka trip kapal bagi para wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura. 

Ketua Nongsa Sensation, Anddy Fong mengatakan trip kapal itu direncanakan akan dibuka pada tanggal 28 Januari 2022 sebagai tahap uji coba. 

Baca juga: Travel Bubble Dibuka, 2.000 Pelaku Pariwisata di Batam Tuntas Divaksin Booster

Pada tahap itu, hanya satu trip perjalanan kapal, dengan jadwal keberangkatan dari Batam sekitar pukul 12.00 WIB, dan tiba kembali di Pelabuhan Nongsa Pura Batam sekitar pukul 14.40 WIB.

"Setelah kami berunding dan tidak ada halangan tanggal 28 Januari 2022 kita akan mulai 1 trip perhari. Semoga tak ada perubahan. Sudah disetujui stakeholder," ujar Andi, Rabu (26/1/2022).

Ia menjelaskan, saat tiba di Pelabuhan Nongsa Pura Batam, Wisman asal Singapura akan memilih 4 resort yang ada di kawasan Nongsa, sesuai dengan aturan travel bubble. 

Adapun 4 resort yang dimaksud yaitu, Montigo resort, Batamview Resort, Nongsa Point Marina Resort dan Turi Beach Resort. Selain tempat penginapan, wisman juga diperbolehkan untuk bermain golf di Tering Bay Golf dan Palm Spring Golf.

"Tidak boleh keluar dulu ke daerah lain. Jadi kalau mau main golf, akan diantar dan langsung dijemput untuk kembali ke resort setelah bermain," ujarnya.

Untuk memastikan para wisman hanya berada di kawasan Nongsa atau destinasi yang telah ditentukan, pihaknya telah menyiapkan Satgas Covid-19 internal, terdiri dari staf dan petugas keamanan dan Satpol PP.

"Hal ini untuk mengamankan agar tidak ada penularan bagi masyarakat Batam. Sesuai harapan Pemerintah," kata dia.

Baca juga: Terapkan Travel Bubble, Catat Syarat Perjalanan Batam-Singapura

Selain itu, bentuk persiapan lainnya pada pelabuhan Nongsa Pura, telah disediakan jalur khusus, mulai dari pemeriksaan PCR hingga keimigrasian. Pihaknya juga sudah menyediakan satu alat PCR, hasilnya dapat dikeluarkan dalam waktu satu jam saja. 

"Alat PCR sudah diletak di terminal Pelabuhan Nongsa Pura. Kita juga sudah testing. Sekali jalan bisa 6 sampel. Jadi bisa 200 orang. Tes PCR cepat dan selesai hanya 1 jam," ucapnya.

(ret)