Singapura Kucurkan Rp 131 T ke RI, Termasuk buat Energi Terbarukan

Singapura Kucurkan Rp 131 T ke RI, Termasuk buat Energi Terbarukan

Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, Batamnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bahwa Singapura adalah investor terbesar di Indonesia. Investasi Negeri Singa itu mencapai US$ 7,3 miliar per Januari-September 2021 lalu.

Hari ini dirinya pun bertemu Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong. Pertemuan di The Sanchaya Bintan, Kabupaten Bintan Kepulauan Riau, itu membahas penguatan kerja sama bilateral.

Baca juga: Sedang Isolasi, Menlu Singapura Tak Ikut Hadiri Pertemuan Jokowi-PM Lee

"Pertama penguatan kerja sama pemulihan ekonomi. Singapura merupakan investor terbesar di Indonesia. Investasi Singapura di Indonesia pada Januari-September 2021 senilai US$ 7,3 miliar," kata Jokowi dalam pernyataan pers, Selasa (25/1/2022).

Dalam pertemuan Retreat ini, Jokowi menyebut investasi baru Singapura di Indonesia senilai US$ 9,2 miliar atau setara Rp 131,5 triliun (asumsi kurs: Rp 14.300).

"Pertemuan Retreat mencatat adanya investasi baru senilai US$ 9,2 miliar antara lain di bidang energi baru terbarukan di sekitar Batam, serta Pulau Sumba, dan Manggarai Barat NTT, serta pembangunan hub logistik di pelabuhan Tanjung Priok Priok," sebut Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga: Jokowi Ambil Alih Ruang Udara Kepri dari Singapura Hari Ini

Dia menjelaskan bahwa investasi di bidang energi baru terbarukan terus menjadi prioritas pemerintah dalam memajukan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

"Untuk mendukung iklim investasi hijau dalam rangkaian pertemuan Retreat ini telah ditandatangani MoU kerja sama energi, kemudian MOU kerja sama green and circular economy development," tambahnya.

(fox)