Travel Bubble Dibuka, 2.000 Pelaku Pariwisata di Batam Tuntas Divaksin Booster

Travel Bubble Dibuka, 2.000 Pelaku Pariwisata di Batam Tuntas Divaksin Booster

Kepala Dispar Kepri, Buralimar memantau vaksinasi booster Covid-19 di Batam.

Batam, Batamnews - Pemerintah resmi membuka pintu kepada turis asing dengan menerapkan travel bubble dari Singapura ke Bintan dan Batam di Kepulauan Riau (Kepri), mulai Senin (24/1/2022).

Wilayah Nongsa dan Bintan ditunjuk sebagai prototipe untuk travel bubble tersebut. Sejumlah persiapan digeber menjelang pelaksanaan travel bubble itu, antara lain menyediakan laboratorium tes cepat molekuler atau TCM yang terkoneksi ke aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, agar berjalan lancar, seluruh pelaku pariwisata di Kawasan Nongsa Sensation, lebih kurang 2.000 orang tuntas divaksin dosis ketiga (Booster) Covid-19, Senin (24/1/2022).

"Kita bersyukur akhirnya skema travel bubble ini bisa kita wujudkan dengan telah dibukanya pintu pariwisata dalam negeri Batam-Bintan-Singapura, Senin (24/1/2022) ini," kata Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kepri, Buralimar di Batam. 

Baca juga: Terapkan Travel Bubble, Catat Syarat Perjalanan Batam-Singapura

"Kepri siap menjalankan skema ini dengan tetap ketat pada protokol kesehatan dan memvaksinasi seluruh pelaku pariwisata yang berjumlah 2.000 orang di kawasan Nongsa Sensation," sambungnya.

Buralimar menyebutkan, vaksinasi booster untuk pelaku pariwisata, Senin (24/1/2022) ini berjumlah  829 orang. Sebelumnya diberikan untuk 500 orang. Dan selanjutnya akan diberikan kepada para pendukung sektor pariwisata dan masyarakat sekitar kawasan Nongsa Sensation

"Vaksin booster untuk pelaku pariwisata Batam-Bintan ini adalah kebijakan Gubernur Kepri, Bapak Ansar Ahmad. Dan kebijakan ini baru Kepri yang melakukannya untuk pertama kali," jelas Buralimar. 

Vaksin booster lanjutan yang dilakukan hari ini dipusatkan di Nuvasa, Nongsa. Mewakili Gubernur Kepri, Buralimar melakukan peninjauan ke lokasi vaksinasi booster kedua yang dilaksanakan oleh tiga puskesmas, yakni Puskesmas Sambau sebagai tuan rumah, Puskesmas Kampung Jabi, dan Puskesmas Kabil. 

Sementara itu, di tempat yang sama, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kepulauan Riau, Irwandi Azwar, menyambut positif telah dibukanya travel bubble Batam-Bintan-Singapura. Dan berharap Singapura juga memberlakukan travel bubble ini secara reciprocal (dua arah).

Baca juga: Omicron 'Menggila' di Singapura, Ace Minta Travel Bubble Batam Ditunda

"Dengan diberlakukannya skema travel bubble ini lebih meyakinkan kesiapan kita untuk kemudahan perjalanan ke Batam dan Bintan. Meski kami Menyadari aturan-aturan yang ada pada skema ini masih terbilang banyak hambatan dalam hal kemudahan, baik dari segi visa, kemudian test PCR untuk sebelum dan sesudah keberangkatan, yang menimbulkan cost tinggi, tapi kami menyikapi bahwa ini adalah salah satu pendorong dalam aktifitas kepariwisataan kita," ungkap Irwandi.

Ia menambahkan, ke depan ia berharap jika travel bubble ini berjalan dengan baik nantinya akan dilanjutkan dengan skema VTL (Vaccinated Travel Lane) yakni jalur perjalanan bagi orang yang telah divaksin. Seperti yang telah diterapkan antara Jakarta dan Singapura agar bisa juga dapat diterapkan antara Kepri dan Singapura melalui pelabuhan laut. 

"Kita tunduk dalam peraturan pemerintah untuk aturan Covid, namun di sisi lain dorongan dalam sektor aktivitas pariwisata juga perlu dijalankan. Semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu dan pariwisata Kepri kembali bergairah dan berkembang pesat. Kita sambut positif dulu skema travel bubble ini sambil melakukan evaluasi nantinya," pungkas Irwandi. 

Kawasan Nongsa Sensation merupakan komunitas 12 properti yang berada di wilayah Nongsa. Ke-12 properti itu terdiri dari 4 hotel dan resort serta 3 lapangan golf. Sedangkan 5 properti lainnya adalah Kinema Studio, Nongsa Digital Park, Ferry Terminal.

(ruz)
Komentar Via Facebook :