5 Profesi yang Paling Banyak Dicari di 2022, PNS Nggak Termasuk

5 Profesi yang Paling Banyak Dicari di 2022, PNS Nggak Termasuk

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap berbagai sektor perekonomian baik secara global maupun regional. Hal ini tentunya melahirkan banyak perubahan-perubahan di suatu sektor tertentu, termasuk sektor pasar tenaga kerja.

Nah, di saat banyak orang sedang berlomba-lomba mencari pekerjaan yang mereka inginkan, ternyata ada sejumlah industri yang harus merugi karena imbas pandemi, tapi ada juga industri yang justru mengalami peningkatan pesat.

Untuk itu, majalah Forbes merilis daftar 5 pekerjaan yang diprediksi akan banyak dicari pada tahun 2022 mendatang. Kira-kira, ada pekerjaan apa saja?

1. Tenaga Kesehatan

Tidak sedikit pekerja tenaga kesehatan yang harus jatuh sakit atau pun meninggal dunia karena kondisi pandemi Covid-19 ini. Untuk itu, kebutuhan akan tenaga medis diprediksi akan terus mengalami peningkatan pada tahun 2022.

Baca juga: Daftar 10 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tinggi, Ada Dokter hingga Pilot

Forbes mencatat, setidaknya kebutuhan perawat terdaftar mencapai lebih dari 500 ribu hingga tahun 2027. Salah satunya praktisi perawat yang telah mendapatkan gelar master akan banyak dibutuhkan di masa mendatang. Pekerjaan yang dilakukan mereka juga mirip dengan dokter, seperti meresepkan obat.

2. Teknologi dan Informasi

Bidang teknologi dan informasi memang tidak pernah absen dalam daftar pekerjaan paling banyak dicari di masa depan. Terutama setelah pandemi, peningkatan pekerjaan remote (jarak jauh) dan perkembangan smartphone juga semakin mendorong kebutuhan para tenaga ahli bidang teknologi dan informasi, misalnya software dan app developers.

Biro Statistik Tenaga Kerja The Occupational Outlook Handbook (OOH) memprediksikan, bidang software development akan mengalami perkembangan sebesar 22 persen di masa mendatang.

Baca juga: Daftar 9 Pekerjaan Tanpa Gelar Sarjana, Cek Disini!

Jadi, jika kamu berencana untuk mengubah karier di bidang teknologi dan informasi, kamu bisa memulainya dengan mengikuti kelas-kelas online yang tersedia.

3. Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management atau SCM)

Pekerjaan selanjutnya yang akan mengalami perkembangan pesat di tahun 2022 setelah pandemi ini adalah SCM atau manajemen rantai pasokan.

Dampak panic buying (pembelian berlebihan di situasi darurat) semenjak pandemi muncul, melahirkan metode pengiriman barang agar tepat waktu.

Sejumlah pekerjaan yang masuk dalam bidang ini antara lain, Agen Pembelian, Analis Logistik, dan Manajer Distribusi.

Jika kamu ahli dalam matematika, statistik, prinsip-prinsip teknik dan membuat sistem kerja efisien, pekerjaan ini bisa menjadi bidang yang tepat untukmu.

Baca juga: Capai Ratusan Juta, Inikah Pekerjaan Bergaji Paling Besar di RI?

4. Manajemen Keuangan

Menurut Forbes, kebutuhan pekerja di bidang manajemen keuangan akan meningkat sebesar 15 persen selama 10 tahun ke depan. Bidang ini bertugas untuk memeriksa pengeluaran dan pendapatan perusahaan sekaligus mencari cara untuk memaksimalkan keuntungan.

5. Aktuaris dan Ahli Statistik

Kabar gembira untuk para pecinta matematika. Profesi aktuaris, dikabarkan Forbes, akan mengalami peningkatan kebutuhan hingga sebesar 20 persen pada 10 tahun terakhir.

Profesi aktuaris biasanya banyak dibutuhkan di perusahaan asuransi. Mereka dituntut untuk memutuskan pengasuransian pelanggan yang potensial atau tidak, hingga mengevaluasi sebuah risiko dari keputusan.

Selanjutnya bagi pecinta data dan statistik, profesi data scientist juga ternyata diperkirakan akan mengalami pertumbuhan permintaan sebesar 30 persen pada tahun 2030.

Biasanya para ahli statistik dan data diminta untuk menganalisis data dan memproyeksikan penjualan, laba, dan hambatan pertumbuhan di masa depan.
 

(fox)
Komentar Via Facebook :