Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Tanpa Bantuan Obat-Obatan

Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Tanpa Bantuan Obat-Obatan

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Insomnia adalah gangguan atau kondisi seseorang mengalami kesulitan tidur. Kondisi ini dapat membuat pengidapnya akan merasa lelah saat bangun tidur dan sulit untuk beraktivitas pada keesokan harinya.

Insomnia tak hanya menguras tenaga dan mengubah mood seseorang, tetapi juga dapat merusak kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup. Sebagaimana diketahui, waktu tidur adalah salah satu penentu kualitas hidup dan kesehatan seseorang.

Pada titik tertentu, banyak orang dewasa mengalami insomnia jangka pendek (akut) yang berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Biasanya kondisi ini disebabkan akibat stres atau peristiwa traumatis.

Namun, ada juga orang yang mengalami insomnia dalam jangka panjang (kronis). Biasanya kondisi ini berlangsung selama sebulan atau lebih akibat pengaruh obat-obatan.

Baca juga: Kenapa Saat Jatuh Cinta Jadi Susah Tidur? Ini Penjelasannya

Tapi jangan khawatir, insomnia sendiri bisa diatasi jika kita memperbaiki gaya hidup dan pola tidur yang baik loh. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia:

- Jaga waktu dan bangun tidur yang konsisten setiap hari
- Tetap aktif: Berolahraga dan melakukan aktivitas sehari-hari
- Jika sakit dan perlu obat, periksa obat tersebut apakah menyebabkan insomnia
- Hindari tidur siang
- Hindari mengonsumsi kafein, alkohol, dan nikotin
- Hindari makan dan minum dalam porsi yang besar di malam hari
- Buat kamar tidur senyaman mungkin
- Ciptakan kebiasaan sebelum tidur yang menenangkan, seperti mandi air hangat, membaca, atau mendengarkan musik

Bila gejala insomnia semakin meningkat dan mengganggu aktivitas sehari-hari, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(ruz)