TNI AU Kirim Pesawat Tempur F-16 dan Hawk ke Natuna. Ada Apa?

TNI AU Kirim Pesawat Tempur F-16 dan Hawk ke Natuna. Ada Apa?

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Laut China Selatan makin memanas setelah Amerika Serikat menurunkan armada kapal perangnya di wilayah yang diklaim China tersebut. AS berkepentingan membela negara sekutunya yang juga mengklaim Laut China Selatan sebagai wilayahnya. TNI pun tak tinggal diam.

TNI menyiagakan 20 ribu personel di Natuna. Tak cuma itu, selain tujuh kapal perang, TNI juga mengerahkan pesawat tempur Hawk dan F-16.

Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru juga mengerahkan pesawat tempur untuk meningkatkan patroli udara di perbatasan.

"Kondisi di Laut China Selatan semakin memanas, dan Indonesia perlu hadir di sana. Makanya dilakukan Operasi Baruna Nusantara. Itu yang patroli adalah Pesawat Hawk dan F-16," kata Komandan Lanud Roesdin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama TNI Henri Alfiandi, Selasa (10/11/2015).

Sementara itu, tujuh KRI yang dikerahkan ke Laut China Selatan merupakan kapal perang tercanggih milik TNI AL. Kapal ini mampu memdeteksi kapal selam atau kapal lain yang menyusup ke wilayah Indonesia. Karena sebelumnya kapal selam dari AL negara asing sering melintasi wilayah Indonesia.

Informasi yang beredar sejumlah pasukan dari TNI AL maupun AU diperintahkan untuk bersiaga. Mereka yang akan mengambil cuti akhir tahun dibatalkan, dan tidak ada tentara yang boleh berlibur sembari menunggu perintah dari atasannya masing-masing.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews