Kemenkes Ungkap Gejala Covid yang Dialami Rombongan Ashanty dari Turki

Kemenkes Ungkap Gejala Covid yang Dialami Rombongan Ashanty dari Turki

Ashanty

Jakarta, Batamnews - Ashanty positif COVID-19 melalui tes PCR s gene target failure, yang biasa dipakai untuk mengidentifikasi kemungkinan varian Omicron. 

Menurut Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19 Hery Trianto, semua pelaku perjalanan luar negeri kedatangan Turki diduga kuat terpapar Omicron.

Baca juga: Ashanty Dikabarkan Positif Covid Omicron

Data Kementerian Kesehatan RI juga menunjukkan pelaku perjalanan luar negeri yang terpapar Omicron paling banyak datang dari Turki. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi mengungkap di antara 13 rombongan Ashanty, ada 6 di antaranya yang terpapar Covid-19.

"1 sampai 2 orang bergejala batuk dan pilek, gejala ringan. Sementara yang lain tidak bergejala," beber dr Nadia via detikcom Jumat (7/1/2022).

Belakangan, Ashanty buka suara soal kondisinya usai dikabarkan terpapar Omicron. Dalam kondisi tengah berbaring di RS, ia memastikan kondisinya sehat tanpa gejala Covid-19.

Baca juga: Jual Rumah Rp 35 Miliar, Anang dan Ashanty Nyaris Tertipu `Sultan Jember`

Ashanty dirawat di rumah sakit hanya untuk pemantauan lebih ketat lantaran khawatir dengan riwayat penyakit autoimun yang diidapnya.

"Alhamdulillah belum merasakan gejala berat. Namun, saya tetap menjalankan prosedur sesuai kesehatan saya yang punya penyakit bawaan. Dan agar tidak menyebarkan pada orang lain. Sehingga saya tidak karantina mandiri ataupun di hotel karantina, melainkan di RS," tulisnya dalam Instagram Story, Jumat (7/1/2022).

(fox)