Ashanty Dikabarkan Positif Covid Omicron

Ashanty Dikabarkan Positif Covid Omicron

Ashanty dikabarkan kena Omicron, begini kata Kemenkes RI. (Foto: Instagram/@ashanty)

Jakarta, Batamnews - Kementerian Kesehatan RI membenarkan kabar penyanyi Ashanty positif Covid-19. Namun, terkait viral dugaan terpapar varian Omicron, belum bisa dipastikan.

"Iya positif Covid-19," jawab Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi detikcom Jumat (7/1/2022).

Baca juga: Baru Lagi, Dua Gejala Aneh Omicron yang Dikeluhkan Pasien Covid-19

Seperti diketahui, deteksi Covid-19 varian Omicron dilakukan khusus dengan tes PCR s gene target failure (SGTF). Namun, kepastian varian Omicron tetap harus dilakukan whole genome sequencing, meski kemungkinan besar terindikasi Omicron bisa dilihat dari SGTF.

"Sepertinya masih diperiksa (apakah terkait Omicron)," sambung dr Nadia.

"Belum dapat info lebih lanjut," sambungnya, saat ditanya apakah Ashanty dites positif Covid-29 dengan tes PCR SGTF.

Baca juga: Covid Varian Baru IHU Lebih Ganas dari Omicron? Ini Faktanya

Ashanty dan keluarga diketahui pergi loburan ke Turki sejak dua pekan lalu, juga dengan keluarga Atta Halilintar. Ia juga membagikan momen di media sosial, kebersamaan saat berlibur di Cappadocia.

Sementara, kasus Omicron di Indonesia hingga saat ini berjumlah 254 kasus. Ada kasus penularan lokal sebanyak 15, beberapa di antaranya tersebar di DKI Jakarta, Medan, Surabaya, hingga Bali.

Menurut dr Nadia, peningkatan kasus Omicron bisa dua kali lipat. Meski gejala yang ditemukan didominasi infeksi ringan, bukan berarti fasilitas kesehatan tidak akan terbebani. Pasalnya, jika kasus terus bertambah banyak, ruang isolasi atau perawatan semakin penuh dan berdampak pada fasilitas kesehatan.

(fox)