7 Manfaat Tidur Telanjang yang Tidak Banyak Orang Tahu

7 Manfaat Tidur Telanjang yang Tidak Banyak Orang Tahu

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Tidur telanjang atau tanpa busana mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang. Namun, nyatanya tidur telanjang punya dampak yang baik bagi kesehatan.

Mengutip dari berbagai sumber, keuntungan tidur telanjang lainnya dapat memberikan pengaruh bagi kesehatan fisik, kesehatan mental, dan kesehatan seksual.

Berikut 7 manfaat tidur telanjang bagi kesehatan seperti dilansir dari detikcom:

1. Membuat Tidur Lebih Cepat dan Lebih Nyenyak

Menciptakan lingkungan tidur dalam kisaran suhu yang ideal dapat berdampak besar pada kualitas tidur. Suhu terbaik untuk tidur adalah antara 60 dan 67 derajat fahrenheit atau 15-19 derajat celcius.

Tidur telanjang dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan membantu mencapai kualitas tidur yang lebih tinggi.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Mulut Kering saat Tidur

2. Mengurangi Stres

Karena tidur telanjang dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan menghasilkan kualitas tidur yang lebih tinggi, dengan begitu tidur nyenyak dapat membantu mengurangi stres juga.

3. Menurunkan Berat Badan

Dalam tinjauan sistematis yang diterbitkan oleh Obesity Society, ada banyak penelitian yang diulas lebih lanjut yang membuktikan hubungan antara kurang tidur dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Melucuti pakaian sebelum tidur dapat membantu mempertahankan atau memperbaiki jadwal tidur, dan dapat mencapai tujuh hingga sembilan jam penuh waktu tidur yang direkomendasikan terkait dengan berat badan yang lebih sehat.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat tidur telanjang lainnya yaitu untuk kecantikan. Selain mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, tidur nyenyak yang dicapai saat tidur telanjang juga membantu kulit menyembuhkan luka lebih cepat.

Baca juga: 7 Tips Tidur Nyenyak Meski Cuaca Panas

5. Baik untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

Tidur tanpa celana dalam dapat berdampak positif bagi kesehatan vagina. Sedangkan mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat dapat meningkatkan risiko terkena infeksi jamur.

6. Melindungi Kesuburan Pria

Studi dari Journal of Andrology telah menunjukkan bahwa jenis pakaian dalam yang dipakai pria dapat berdampak besar pada jumlah sperma dan kesuburan. Pakaian dalam yang lebih ketat menciptakan suhu yang lebih tinggi yang dapat merusak sperma.

7. Meningkatkan Keintiman dengan Pasangan

Manfaat tidur telanjang dengan pasangan dapat meningkatkan keintiman. Kontak skin to skin dengan pasangan dapat melepaskan "hormon cinta" oksitosin, yang dapat meningkatkan perasaan keterikatan di antara pasangan.

(ruz)
Komentar Via Facebook :