Loh Kean Yew, Pebulutangkis Singapura Pertama Raih Gelar Juara Dunia

Loh Kean Yew, Pebulutangkis Singapura Pertama Raih Gelar Juara Dunia

Loh Kean Yew (Foto: Jose Jordan)

Singapura, Batamnews - Pebulutangkis Singapura, Loh Kean Yew, berhasil menjuarai nomor tunggal putra BWF World Championships 2021. Hasil ini mengantarkannya menjadi orang Singapura pertama yang berhasil meraih titel bergengsi tersebut.

Loh Kean Yew, 24 tahun, berhasil mengalahkan Srikanth Kidambi (India) di final yang berlangsung pada Minggu (20/12/2021) kemarin di Huelva, Spanyol. Ia hanya perlu 43 menit untuk menang straight set dengan skor 21-15, 22-20.

Sepanjang perjalanannya menjadi juara, Loh Kean Yew berhasil membungkam setidaknya empat pemain unggulan. Selain Kidambi, ada pemain sekelas Viktor Axelsen (64 besar), Kantaphon Wangcharoen (16 besar), hingga Anders Antonsen (semifinal) yang berhasil ia taklukkan.

Baca juga: Kevin Cordon Siap Curi Perhatian di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Sejak remaja, Loh Kean Yew memang sudah menunjukkan sinyal menjadi bintang. Sejumlah kejuaraan kategori level 'bawah' berhasil ia menangi, seperti Singapore International 2014 dan 2017, Malaysia International 2014, hingga Mongolia International 2018.

Pada 2019, ia 'naik kelas' dengan memenangi Thailand Masters Super 300. Lawannya saat itu adalah Lin Dan. Pada 2021, Loh Kean Yew semakin mencuri perhatian.

Dutch Open yang digelar bulan Oktober berhasil ia menangi dengan mengalahkan Lakshya Sen (India) 21-12, 21-16. Bulan berikutnya, ia kembali menjadi juara di Hylo Open.

Baca juga: Resmi! Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021

Meski ia juara karena Lee Zii Jia (Malaysia) retired di set ketiga, namun saat itu ia sudah unggul 17-12. Setelahnya, pemain kelahiran Penang, Malaysia itu pun semakin memukau publik.

Loh Kean Yew mampu menembus final Indonesia Open 2021, meski kalah di tangan Axelsen. Namun di BWF World Championships, ia berhasil melakukan revans, bahkan melangkah jauh hingga jadi juara.

"Hanya dalam mimpi terliar saya bisa memimpikan ini, meraih medali juara dunia, yang pertama untuk Singapura," tulis Loh Kean Yew di media sosialnya.

"Ini menjadi sebuah perjalanan yang luar biasa, dan membuat saya ingin terus bekerja keras agar bisa menjadi pebulutangkis yang lebih baik," harapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews