Piala AFF 2020

Sempat Diremehkan, Timnas Indonesia Lolos Semifinal Sebagai Juara Grup

Sempat Diremehkan, Timnas Indonesia Lolos Semifinal Sebagai Juara Grup

Timnas Indonesia lolos semifinal Piala AFF 2020 (Foto: ist via Indosport)

Jakarta, Batamnews - Timnas Indonesia yang sejak awal digelarnya Piala AFF 2020 selalu diremehkan, akhirnya berhasil menjadi juara Grup B. Bahkan tak tanggung-tanggung anak asuh Shin Tae-yong itu bisa pesta gol ke gawang Malaysia di laga terakhir.

Di National Stadium, Minggu (19/12/2021) malam WIB, Indonesia mampu comeback saat melawan Malaysia. Ketinggalan lebih dulu akibat gol Kogeliswaran Raj.

Di sisa pertandingan Indonesia membalas empat kali lewat Irfan Jaya (dua gol), serta masing-masing dari gol Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Indonesia lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Baca juga: Pesta Gol ke Gawang Malaysia, Indonesia Jumpa Singapura di Semifinal

"Alhamdulillah Indonesia lolos ke semifinal. Luar biasa penampilan pemain. Banyak media asing termasuk Malaysia yang menyebut Indonesia tidak akan lolos ke semifinal. Hari ini kita buktikan bahwa kita bisa mengalahkan Malaysia dan memastikan lolos ke semifinal," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Indonesia selanjutnya bertemu dengan Singapura di semifinal. Singapura selaku tuan rumah, melaju setelah menjadi runner-up Grup A. Laga semifinal lainnya mempertemukan Vietnam selaku runner-up Grup B dengan Thailand sebagai juara Grup A.

"Kebahagiaan ini makin lengkap jika kita bisa menyingkirkan Singapura dan lolos ke final untuk mengalahkan Vietnam atau Thailand," harap pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.

Baca juga: Piala AFF 2020: Thailand Juara Grup A Usai Gasak Singapura 2-0

Indonesia bukanlah tim yang diyakini bisa menjadi juara grup di Piala AFF. Mantan pemain Timnas Malaysia, Safee Sali, bahkan bikin prediksi kalau Indonesia tersingkir di fase grup dan faktanya malah Malaysia yang angkat koper lebih dulu.

"Ini adalah grup yang sulit, Vietnam dan Malaysia harus berbagi grup dengan Indonesia, Laos, dan Kamboja. Untuk memperebutkan posisi dua besar tak hanya membutuhkan keahlian, tapi juga semangat juang. Saya berharap Vietnam dan Malaysia akan terus berlanjut," kata Safe kepada Zing News beberapa pekan lalu.

"Indonesia membawa tim muda dan potensial ke turnamen ini, tetapi dibandingkan dengan para pesaingnya, para pemain muda itu masih kurang berpengalaman," tutur Safee Sali.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews