Galanova Award 2021, Dinas PMD Bintan Borong 2 Penghargaan Terinovatif

Galanova Award 2021, Dinas PMD Bintan Borong 2 Penghargaan Terinovatif

Dinas PMD Bintan menerima penghargaan Galanova Award 2021. (Foto: Ary/Batamnews

Bintan, Batamnews - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan memborong 2 penghargaan sekaligus pada Galanova Award 2021. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan di Aula Kantor Bupati Bintan, Senin (20/12/2021).

Ajang yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Bintan itu bertujuan untuk melihat inovasi yang telah dilakukan oleh seluruh OPD Bintan kurun waktu tahun 2021 ini.

Baca juga: Polres Bintan Kerahkan 438 Personel Amankan Gereja-Tempat Wisata saat Nataru 

Kadis PMD Bintan, Rony Kartika usai menerima penghargaan menuturkan bahwa dinamika permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat membutuhkan kegiatan pemberdayaan yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat, khususnya informasi  hukum. 

"Jadi inovasi paralegal hukum ini dibuatnya dengan bekerjasama dengan Kemenkum HAM," ujar Rony.

Penghargaan yang diraih oleh Dinas PMD Bintan yaitu OPD terinovatif dan Inisiator Terinovatif dari seluruh OPD Bintan. Diharapkan melalui inovasi tersebut mampu memberikan informasi dan edukasi hukum kepada masyarakat secara langsung, serta dapat menghidupkan kembali nilai-nilai penyelesaian permasalahan secara kekeluargaan dan musyawarah mufakat.

"Tentunya tetap dengan berpedoman pada undang-undang dan hukum yang berlaku," katanya.

Sementara itu Plt Bappelitbang Bintan, Mohd Setioso mengatakan Galanova Award ini sebenarnya tindak lanjut dan persiapan Pemkab Bintan menuju ajang Goverment Award yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) setiap tahunnya.

“Melalui Galanova Award ini kita melakukan penjaringan dari daerah. Ajang ini merupakan yang pertama kalinya digelar di Bintan,” sebutnya.

Rangkaian penjaringan untuk Galanova Award 2021 ini dilaksanakan selama 4 bulan. Dimulai dari penyisihan, secara administrasi, uji petik lapangan, dan penilaian. 

Sementara peserta yang mengikuti ajang ini adalah ASN atau kepala dinas dan kepala badan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemkab Bintan. 

“Dalam Galanova Awrad ini ada 2 kategori yang diperlombakan. Yaitu Kategori OPD Terinovatif dan Kategori Inisiator Terinovatif,” jelasnya.

Untuk Kategori OPD Terinovatif ada 5 dinas atau badan yang terpilih. Diantaranya Jura I adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, Juara II diraih Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Juara III diberikan ke Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Juara Harapan I diserahkan ke Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), dan Juara Harapan II diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Baca juga: Bintan Resort Gelar KasmaRUN 2021, Diikuti Ratusan Peserta

Sementara Kategori Inisiator Terinovatif yaitu Juara 1 diraih oleh Dinas PMD Bintan dengan Inovasi Paralegal Masyarakat Desa.

Juara 2 diberikan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan (DKPP) Bintan dengan inovasi Kampung Ayam Berbasis Kepulauan, dan Juara 3 didapati Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan dengan inovasi Pentalogi.

Lalu, Juara Harapan I diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Bintan dengan inovasinya Secanting Beras dan Juara Harapan II ditangan Dinas Perpustakaan dan Arsip Bintan (DPA) dengan inovasi Perahu Gemilang.

“Peraih Galanova Award 2021 di Bintan ini akan kita teruskan untuk mengikuti Goverment Award Tingkat Nasional ke Kemendagri RI," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews