Bintan Resort Gelar KasmaRUN 2021, Diikuti Ratusan Peserta

Bintan Resort Gelar KasmaRUN 2021, Diikuti Ratusan Peserta

Foto: Ary/Batamnews

Bintan, Batamnews - PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku pengelola Kawasan Pariwisata Internasional Lagoi kembali menggelar KasmaRUN di Area Lagoi Bay, Sabtu (18/12/2021) sore sekitar pukul 16.00 WIB

Ajang olahraga lari dan rekreasi tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah seperti Bintan, Tanjungpinang, Batam dan daerah lainnya.

Baca juga: Bintan Resort Jadi Pilot Project Pembukaan Pintu Wisman ke Indonesia

Group General Manager (GGM) PT. BRC, Abdul Wahab mengatakan even ini sudah menjadi agenda tahunan acara di Bintan Resorts. Namun pelaksanaannya saat ini disesuaikan dengan situasi covid-19.

"Desember tahun lalu yang masih dalam masa pandemi covid -19 kita sukses menggelar Iven itu. Jadi tahun ini kita gelar lagi namun tetap mengikuti aturan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat," ujar Wahab.

Dikarenakan masih disituasi pandemi covid-19, jumlah peserta juga dibatasi hanya 200 orang sesuai aturan yang ditetapkan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Bintan.

Di lokasi acara, ada team khusus yang memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dilakukan dengan baik oleh peserta sebelum masuk garis start di lapangan dan diawasi oleh Satgas Covid-19 Bintan Resorts seperti pengecekan suhu badan, membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan melakukan kode pemindai kontak untuk tujuan penelusuran kontak erat.

Peserta juga dibagi ke dalam kelompok yang lebih kecil terdiri dari 25 -30 orang serta menjaga jarak sebelum meninggalkan garis start untuk menghindari terjadinya kerumunan dan dilepas meninggalkan garis start setiap interval 5-8 menit.

"Setiap peserta wajib melakukan uji covid-19 dengan metode GeNose di Simpang Lagoi sebelum bergabung di lokasi acara," jelasnya.

Even ini merupakan yang ke 7 kalinya digelar. Sejak pertama kali diluncurkan pada  2014 hingga 2021. KasmaRun identik dengan kegiatan olahraga lari ringan berjarak 5km di alam terbuka.

"Ini olahraga namun lebih mengutamakan unsur rekreasi, penyegaran, permainan, swafoto dan hiburan yang menyenangkan terutama bagi pasangan kawula muda dan keluarga," katanya.

Manager Business Operations PT. BRC, Lidia Endang Sumartini juga selaku ketua panitia penyelenggara acara KasmaRun mengatakan egiatan KasmaRun diadakan secara rutin setiap tahun di Desember, dan khususnya dimasa pandemi ini bertujuan untuk terus mendorong masyarakat sekitar dan pengunjung di Bintan Resorts semangat menjalankan gaya hidup sehat dan aktif serta tentunya tanpa mengabaikan penerapan prokes.

"Keterbatasan mobilitas selama masa pandemi, tentunya tidak harus membatasi aktifitas untuk dapat berolahraga dan refreshing seperti kegiatan KasmaRun ini. Rute lari di alam terbuka mengitari sebuah danau di Lagoi Bay yang dikelilingi hutan tropis," sebutnya.

Baca juga: Bintan Resort Rugi Rp 7 Miliar Akibat Batalnya Tour de Bintan

Rutin berolahraga lari merupakan salah satu aktifitas menjaga kebugaran tubuh yang mudah untuk dilakukan untuk ketahanan fisik dan ampuh untuk mengusir stress. Dua unsur kesimbangan hidup yang sangat penting dalam menciptakan imunitas sehingga terhindar dari penyakit.

Untuk itulah menurut Lidia, KasmaRun tahun ini diwarnai dengan tema “Body, Mind and Culture”. Ada tambahan satu konsep baru dimana peserta akan diajak kembali menikmati tradisi khas Melayu Pulau Bintan.

"Dimulai dari sambutan kemeriahan musik Kompang Melayu saat peserta melalui rute 1 Km, pertunjukan permainan tradisional Egrang di rute 2 Km, yang pastinya akan kembali menghadirkan kenangan tradisi masa lalu," bebernya.

Peserta berkesempatan untuk melakukan swafoto di rute ini. Sebelum mengakhiri rute lari, setiap peserta KasmaRun akan ditantang untuk menyelesaikan sebuah Pantun Melayu dan mengunduhnya di aplikasi sosial media Instagram mereka masing-masing.

Tak kalah menarik dari KasmaRun ini adalah ada hadiah bagi peserta yang berani tampil dengan kostum dan penampilan paling menarik yang dinilai oleh panitia. Semua peserta yang sampai di garis akhir berhak langsung mendapatkan medali KasmaRun 2021.

Baca juga: Bintan Resort Jadi Pilot Project Pembukaan Pintu Wisman ke Indonesia

"Biaya pendaftaran hanya Rp 120.000 per orang dan tiap peserta yang mendaftar mendapatkan T-shirt, nomor peserta, air mineral, isotonik, mystery gift atau hadiah kejutan yang seru-seru serta satu kupon undian atau lucky draw dengan banyak hadiah- hadiah yang menarik disediakan oleh penyelenggara," ucapnya.

Keistimewaan hadiah kejutan yang dibawa pulang oleh tiap peserta pada acara KasmaRun tahun ini adalah merupakan produk yang dihasilkan oleh UMKM di Pulau Bintan.

"Kita ingin terus memberikan kesempatan yang ada untuk dapat bekerjasama dengan UMKM di Pulau Bintan dan memberikan peluang usaha bagi mereka," tutupnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews