Bandara Hang Nadim Batam Bakal Dilengkapi Masjid Unik Berbentuk Tanjak

Bandara Hang Nadim Batam Bakal Dilengkapi Masjid Unik Berbentuk Tanjak

Bandara Hang Nadim Batam.

Batam, Batamnews - Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), akan dilengkapi dengan masjid yang didesain berbentuk Tanjak. Tanjak merupakan penutup kepala khas Melayu Kepulauan.

Pembangunan masjid itu seiring dengan pembangunan terminal dua di bandara Hang Nadim.

"Masjid ini unik, berbeda dari yang lain karena berbentuk tanjak, pakaian adat istiadat daerah Melayu Kepulauan Riau," kata Kepala BP Batam Muhammad Rudi di sela-sela meninjau pembangunan Masjid Tanjak di Batam, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Icheon Korsel Bakal Garap Bandara Hang Nadim, Boyband K-POP BTS Siap Didatangkan

Dari tampak luar, seluruh bangunan masjid menyerupai songkok khas Melayu. Tidak terdapat kubah layaknya masjid pada umumnya, melainkan lekukan tanjak yang meninggi ke atas.

"Pakaian tertingginya, yang diletakkan di atas kepala adalah tanjak. Di atas kepala, tidak ada paling tinggi dari itu. Nanti dari kepala juga ke bawah, sujud kepada yang mencipta," kata Rudi yang juga Wali Kota Batam menceritakan filosofi tanjak secara singkat.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan, pembangunan masjid seiring dengan pengembangan bandara, demi memenuhi kebutuhan rohani pengguna moda transportasi penerbangan saat tiba atau hendak meninggalkan Batam.

Baca juga: Belasan Alat Tes Cepat Pengganti PCR Tersedia di Hang Nadim Batam

"Maka siapkan supaya tidak menjadi utang. Kami tidak mau, bangun terminal indah tapi kebutuhan rohani kita tidak disiapkan. Menurut saya itu dosa bagi saya," kata dia.

Pihaknya berharap masjid itu selesai sebelum Ramadhan agar bisa digunakan beribadah di Bulan Suci. Namun, memang sesuai kontrak pembangunan rumah ibadah rampung pada April 2022, sedangkan Bulan Puasa dimulai awal April 2022.

Selain untuk memenuhi kebutuhan beribadah Muslimin, ia juga berharap Masjid Tanjak bisa menjadi destinasi wisata rohani daerah setempat.

"Masjid kita bangun sebagai amaliah kepada Allah. Dan sebagai kepala daerah bagaimana rakyat sejahtera, kita kembangkan pariwisata," pungkasnya.

(ruz)