Asyiknya Urus Paspor Sambil 'Nge-Mall' di Mal Botania 2 Batam

Asyiknya Urus Paspor Sambil

Warga mengurus paspor memanfaatkan layanan Pasar Minggu, inovasi Kantor Imigrasi Batam. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Mengurus paspor bagi warga biasanya dilakukan di Kantor Imigrasi setempat. Namun, inovasi baru urus paspor segera bisa dinikmati warga di Batam, Kepulauan Riau.

Warga tak harus pergi ke Kantor Imigrasi. Sambil bersantai dengan keluarga, warga bisa urus paspor di pusat perbelanjaan.

Inovasi ini dihadirkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam melalui lewat layanan Paspor di hari Minggu atau 'Pasar Minggu'.

Baca: Imigrasi Batam Jadi Percontohan Pelayanan Kelompok Rentan

Sejak diberlakukan pada Mei lalu, layanan 'Pasar Minggu' disambut antusias masyarakat. Oleh karena itu, pihak Imigrasi Batam pun terus melanjutkannya hingga kini.

Kepala Bidang Teknologi dan Informasi Imigrasi Batam, Tessa Harumdilla mengatakan, layanan 'Pasar Minggu' akan dilakukan pada tanggal 5 Desember besok. Lokasinya di Mall Botania 2.

Pelayanan ini dibuat guna memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tidak bisa melakukan pengurusan paspor di hari kerja.

"Pelayanan ini merupakan inovasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, serta mendorong Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di masa pandemi," ujar Tessa, Sabtu (4/12/2021).

Baca: Didatangi Petugas Langsung, Menengok Layanan Paspor Kolektif Imigrasi Batam

Pelayanan akan dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai selesai. Namun untuk sesi pendaftarannya dimulai pada jam 07.00 WIB.

"Besok kita buat 'Pasar Minggu' di MB2. Kuotanya untuk 20 orang. Jadi untuk masyarakat Batam segera langsung daftar besok pagi," katanya.

(jun)