Enam Pejabat Meranti Turun Jabatan, Bupati: Tak Lolos Kompetensi

Enam Pejabat Meranti Turun Jabatan, Bupati: Tak Lolos Kompetensi

Pelantikan pejabat baru di lingkungan Pemkab Meranti. Sejumlah pejabat diantaranya didemosi. (Foto: Ist)

Meranti, Batamnews - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhammad Adil melantik 23 orang pejabat, Jumat (3/12/2021). Dari pelantikan itu, sejumlah pejabat didemosi.

Beberapa pejabat eselon II yang didemosi antara lain, Asrorudin, Husni Gamal, Idris, Ery Suhairi dan Agusyanto Bakar.

Asrorudin sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan, dilantik menjadi Kabid Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup.

Husni Gamal, dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menjadi Sekretaris Kecamatan Rangsang Barat.

Selanjutnya, Idris, dari Kalaksa BPBD menjadi Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial.

Kemudahan ada Ery Suhairy yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris DPRD dan kini menjadi Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD.

Terakhir, Agusyanto dari Kepala Dinas Sosial menjadi Kabid Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH.

Selain didemosi, ada juga pejabat yang dipromosi dan beralih tempat dengan eselon yang sama.

Adapun yang dipromosi adalah pejabat yang sempat di non-job. Diantaranya, Fadli Khrisandi dilantik jadi Kabid SDA Dinas PU. Ery Yoserizal jadi Kabid Pemuda dan Olahraga Disparpora dan Dedi Sahrani jadi Kabid Cipta Karya dan Konstruksi Dinas PU.

Sementara pejabat eselon II yang tetap mengisi jabatan di eselon yang sama diantaranya, Bambang Suprianto dari Kepala BPKAD jadi Kepala BKD. Mardiansyah dari Kepala BPPRD jadi Kepala Dinas PU. Rizki Hidayat dari Kepala Disparpora menjadi Kepala Pelaksana BPBD.

Kemudian, Eldy Syahputra tetap di posisi Kadis Perikanan dan Kelautan. Sementara Irmansyah dari Kepala DLH menjadi Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat.

Bupati Adil mengatakan, pertimbangan mendemosi beberapa pejabat adalah hasil uji kompetensi yang dijalani pejabat bersangkutan belum lama ini. 

"Iya (tidak lolos uji kompetensi)," katanya singkat.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Adil berpesan agar bersemangat, bekerja keras serta menjunjung tinggi komitmen PNS. 

Selain itu, pejabat juga harus berusaha meningkatkan kedisiplinan, profesionalitas, loyalitas, intergritas sebagai abdi negara sekaligus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Yang baru dilantik, tetap kami evaluasi," ujar Adil.

Ia langsung menginstruksikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) agar segera mengirim surat ke provinsi untuk persiapan asesmen.

Siapkan Asesmen

 

Terpisah, Sekretaris BKD Bakharuddin mengatakan, mereka akan segera mempersiapkan asesmen yang diperkirakan baru bisa dilaksanakan pada awal tahun 2022.

"Kita akan segera mengurus asesmen untuk pengisian pejabat eselon II yang masih kosong. Oleh karena proses izinnya panjang, bisa jadi pelaksanaan asesmen itu pada awal tahun 2022," kata Bakharuddin.

Asesmen yang akan digelar tahun 2022 bersifat terbuka. Bagi pejabat yang telah memenuhi persyaratan, boleh mengikuti dan tak hanya untuk ASN di Meranti saja.

"Mereka (yang didemosi) diberi kesempatan ikut. Dengan catatan telah memenuhi persyaratan diantaranya usia, pangkat, PIM III dan lain-lain," ujarnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews