Ketum PB Al-Washliyah Akan Hadiri Muzakarah Kebangsaan di Batam

Ketum PB Al-Washliyah Akan Hadiri Muzakarah Kebangsaan di Batam

Ketum Pengurus Wilayah Al-Washliyah (AW) Kepri, Surya Makmur Nasution (kiri) (Foto:istimewa)

Batam, Batamnews - Ketua Umum Pengurus Besar Al-Jam’iyyatul Washliyah (Ketum PB AW) KH Dr Masyhuril Khomis direncanakan hadir dalam acara “Muzakarah Kebangsaan”, Sabtu (11/12/2021) di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Msyahuril Khomis akan menjadi narasumber tunggal bersempena resepsi hari ulang tahun (HUT) ke-91, Al - Washliyah.

“Alhamdulillah, Ketum PB AW sudah konfirmasi dapat hadir dalam acara Muzakarah Kebangsaan sekaligus resepsi HUT AW ke-91,” kata Ketum Pengurus Wilayah Al-Washliyah (AW) Kepri, Surya Makmur Nasution (SMN) di Batam, Selasa (30/11/2021).

Menurut SMN, Muzakarah Kebangsaan ini sengaja dipilih sebagai upaya untuk mengingatkan umat Islam, akan pentingnya persatuan dan kesatuan. Kemajemukan dan keragaman dalam agama dan masyarakat harus dimaknai sebagai khazanah kekayaan bangsa.

Baca juga: Kepemimpinan SMN Berakhir, IMDI Kepri Berbagi ke Abang Ojek

“Al Washliyah ingin ikut serta mendakwahkan bahwa ada nilai-nilai wasathiyah (jalan tengah/moderasi) yang dapat dijadikan pedoman bersama dalam berbangsa dan bernegara,” ujar SMN.

Ia menjelaskan, pihaknya juga sudah menyampaikan undangan kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad untuk memberi sambutan sekaligus membuka acara dimaksud.

“Kami menunggu konfirmasi kehadiran dari Pak Gubernur Kepri,” ucapnya menambahkan.

Al-Washliyah yang didirikan oleh para pelajar di Kota Medan, Sumatera Utara, dalam kelompok diskusi bernama “Debating Club”, berdiri pada 30 November 1930 (9 Rajab 1348H).

Para pendirinya antara lain, Syeikh Arsyad Thalib Lubis, Syeikh Muhammad Yunus, Ismail Banda, dan lainnya. Tujuan pendiriannya untuk mempersatukan umat dari perpecahan pemahaman keagamaan dan memperjuangkan kemerdekaan RI.

Adapun amal usaha yang dilakukan AW yaitu, pendidikan dan kebudayaan, dakwah amar ma’ruf nahi munkar, amal sosial panti asuhan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu kampus ternama di Medan, yaitu UMN (Universitas Muslim Nusantara) dan Universitas Al Washliyah.

(ruz)