Pemohon Pembuatan Paspor di Imigrasi Karimun Naik Drastis 2021

Pemohon Pembuatan Paspor di Imigrasi Karimun Naik Drastis 2021

Proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Karimun meningkat dibandingkan tahun 2020 lalu.

Karimun, Batamnews - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), mencatat adanya kenaikan pembuatan paspor di tahun 2021. Kenaikan ini mencapai 50 persen dibandingkan tahun 2020 lalu.

Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Karimun, Ahmad Triesna mengatakan, dalam satu hari, pelayanan penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Karimun melayani sebanyak 10 hingga 15 pemohon.

"Ada kenaikan, baik untuk pemohon pembuatan paspor baru atau juga perpanjangan paspor. Rata-rata dalam satu hari ada 10 sampai 15 pemohon yang kami layani," kata dia.

Baca juga: Paspor Hilang atau Rusak? Siap-siap Kena Denda

Diketahui, Kantor Imigrasi memberikan kuota atau batasan dalam satu hari adalah sebanyak 60 pemohon. Apalagi saat ini, pelayanan EAZY Paspor yang dilakukan, cukup mendapat perhatian dan banyak yang memanfaatkan program tersebut.

Program EAZY Paspor dapat digunakan atau diajukan oleh kelompok, perkantoran/instansi, serta perumahan.

"Dalam program EAZY paspor, kita yang datang langsung ke lokasi atau tempat para pemohon. Tidak perlu lagi datang ke kantor, biar kami yang datang," ucapnya.

Selain itu, naiknya minat dalam pembuatan paspor, juga karena melandainya kasus Covid-19 di Kabupaten Karimun dan rencana dibukanya pintu mancanegara, Singapura dan Malaysia.

"Jika border perbatasan dibuka kembali, diyakini pembuatan paspor akan kembali normal," pungkas Triesna.

(aha)