Kejari Bintan Inisiasi Situs Belanja Online Kedaikite Bantu UMKM

Kejari Bintan Inisiasi Situs Belanja Online Kedaikite Bantu UMKM

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjungpinang I Wayan Riana (Foto:ist)

Bintan, Batamnews - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), menginisiasi pendirian situs kedaikite.bintankab.go.id untuk memudahkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mempromosikan dan menjual produk yang dibutuhkan masyarakat.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjungpinang I Wayan Riana mengatakan, banyak produk UMKM yang menarik, namun kurang laku terjual. Salah satu penyebabnya, kurang promosi.

"Usaha apapun, termasuk jual barang bekas, usaha jasa, produk UMKM, hasil kebun, ternak, dan lainnya dapat dijual melalui situs itu," kata dia, Kamis (11/11/2021), dilansir Batamnews dari laman resmi Pemprov Kepri.

Wayan mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir, karena situs ini dijamin aman, dan bakal membuka pangsa pasar secara luas. Situs ini akan dikelola secara profesional, dan diawasi pihak kejaksaan.

"Kami membuat aplikasi ini, harapannya untuk menekan angka kejahatan, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: Kejari Bintan Minim Anggaran Ungkap Kasus Korupsi

Situs kedaikite.bintankab.go.id, yang bekerja sama dengan Pemkab Bintan akan mendorong produk UMKM dipromosikan kepada publik. Proses transaksi dengan pembeli pun dapat dilakukan melalui situs itu sehingga memanjakan pelanggan.

"Sekarang kita sudah masuk ke era digital sehingga memudahkan proses jual beli melalui aplikasi maupun situs. Tentu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Wayan menyebut, keunggulan lainnya dari program itu yakni pembeli dan pedagang dapat bersedekah dari transaksi. Setiap sedekah yang diberikan diumumkan di dalam situs itu sebagai bentuk transparansi sekaligus pertanggungjawaban pengelolaan uang sedekah yang dikumpulkan.

Penyaluran dana hasil sedekah juga akan diawasi oleh pihak kejaksaan. Tujuannya, dana tersebut dapat disalurkan di tempat uang tepat.

"Setiap sedekah dari member aplikasi tersebut, akan ditayangkan di aplikasi. Tujuannya sebagai transparansi aliran uang.

Wayan mengatakan dalam waktu dekat Kejari Bintan dan Pemkab Bintan akan meluncurkan program itu. "Mudah-mudahan ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat," tuturnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews