Nenek 70 Tahun Nyaris Celaka Terjebak Kebakaran di Selat Panjang

Nenek 70 Tahun Nyaris Celaka Terjebak Kebakaran di Selat Panjang

Wanita tua yang diselamatkan menggunakan kursi roda oleh salah seorang warga setempat. (Foto: ist/Batamnews)

Meranti, Batamnews - Kobaran api melahap habis sebuah rumah yang terletak di Jalan Belut, Kelurahan Selatpanjang Barat, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (8/11/2021). 

Seorang wanita tua berhasil diselamatkan menggunakan kursi roda. Rumah kayu tersebut terbakar diperkirakan sekitar pukul 11.30 WIB. Saat kejadian, di dalam rumah hanya ada Minah, seorang nenek berumur 70 tahun.

"Saat kejadian, hanya ada seorang wanita tua yang tinggal di dalam rumah. Beruntung dia langsung dibawa menggunakan kursi roda," kata Putra, Ketua RT setempat.

Dia menyebutkan, pemilik rumah saat ini berdomisili di Kota Batam. Di rumah tersebut hanya dihuni oleh Minah. Terkadang anaknya juga ikut tinggal bersamanya.

Lurah Selatpanjang Barat, M Furqon Alpuldri mengatakan, saat kejadian pihaknya mendapat laporan dari masyarakat dan langsung turun ke lokasi serta memberitahukan kejadian itu ke pemadam kebakaran BPBD Meranti.

"Kami saat itu berada di kantor kelurahan, dapat laporan kami langsung turun dan memberitahukan Kejadian ini kepada Damkar. Alhamdulillah, dengan dibantu oleh masyarakat setempat dan aparat TNI Polri, api berhasil dipadamkan," kata Furqon.

Dikatakannya, dari hasil koordinasi dengan pihak kecamatan dan BPBD, dalam waktu dekat akan disalurkan bantuan kepada korban kebakaran.

"Ini kita catat dulu dan akan kita serahkan ke pihak BPBD agar bantuan cepat tersalurkan. Langkah selanjutnya mungkin kami akan melakukan koordinasi lebih ke pihak kecamatan dan pemerintah daerah," ujarnya.

Kapolsek Tebingtinggi, Iptu Aguslan menjelaskan, saat kejadian asap sudah mulai mengepul dan mengeluarkan api dengan begitu cepat. Pemadam dibantu masyarakat langsung melakukan upaya pemadaman.

"Lebih kurang satu jam api berhasil dipadamkan. Kondisi wanita yang dibawa menggunakan kursi roda itu sudah ada di rumah saudaranya. Memang saat kejadian wanita tua ada di lokasi akan tetapi langsung dibawa untuk menjauh dari lokasi kebakaran," katanya.

Dikatakan untuk penyebab kebakaran belum bisa dipastikan dari mana sumber api berasal. Saat ini pihak kepolisian masih mendalami dan meminta keterangan dari berbagai saksi di lokasi kejadian.

"Kalau sumber api masih kami dalami, yang jelas asap sudah keluar dari dalam rumah. Rumah yang berukuran 8x12 meter dan terbuat dari kayu ini kerugiannya masih belum bisa ditafsirkan," ujarnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews